Resep Bubuk Cabai, Tahan Lebih Lama dan Mudah Digunakan

Pertanianku — Daya simpan cabai tidak begitu lama karena proses pemasakan buah cabai terus berjalan meski sudah dipanen. Salah satu upaya memperpanjang daya simpan cabai adalah dengan mengolahnya menjadi produk olahan. Saat ini, bubuk cabai menjadi salah satu olahan cabai yang cukup terkenal dan sudah diproduksi oleh produsen makanan.

bubuk cabai
foto: Pixabay

Bubuk cabai terbilang cukup mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Dengan membuat sendiri, Anda bisa lebih memastikan bahan yang digunakan benar-benar berkualitas dan tidak berbahaya dikonsumsi.

Cabai yang digunakan merupakan cabai merah segar dengan tingkat kematangan sekitar 60—90 persen. Berikut ini langkah-langkah membuat bubuk cabai yang bisa Anda tiru di rumah.

Cara membuat:

  • Buang tangkai buah dan cuci buah cabai hingga bersih, kemudian tiriskan hingga kering.
  • Belah cabai merah membujur. Anda tidak perlu membuang bagian bijinya.
  • Rendam cabai di dalam air hangat bersuhu 87—99°C selama 3—5 menit.
  • Angkat cabai dan tiriskan.
  • Keringkan cabai merah menggunakan oven pengering. Gunakan suhu sekitar 60°C selama 20—25 jam.
  • Pengeringan tersebut akan menghasilkan potongan cabai dengan kadar air sekitar 40—50 persen. Penurunan kadar air bisa diketahui dari berat cabai merah bersih sebelum dan sesudah dikeringkan. Cabai yang sudah kering akan terasa kering jika diremas telapak tangan.
  • Jika cabai sudah kering, haluskan cabai dengan menggunakan blender apabila jumlah cabainya tidak terlalu banyak. Atau, Anda bisa menggunakan hummer mill jika jumlah cabai yang digiling cukup banyak.
  • Cabai merah yang sudah dihancurkan dapat dikemas ke kantong plastik atau wadah yang bisa ditutup dengan rapat. Simpan bubuk cabai di tempat kering dan tidak panas.

Kadar air cabai merah yang masih segar sekitar 70—95 persen. Kadar air yang tinggi dapat menyebabkan buah cabai cepat rusak. Oleh karena itu, penurunan kadar air pada cabai menjadi salah satu cara memperpanjang daya simpan cabai tanpa menurunkan kualitas cabai dengan drastis. Selain itu, bubuk cabai juga bisa memudahkan Anda ketika ingin menggunakannya, bubuk hanya perlu ditabur atau dicampur ke dalam bumbu masakan.

Baca Juga:  Bumbu Masakan yang Dapat Berguna Sebagai Pestisida Alami