Resep Es Bungsu yang Super Menyegarkan

Pertanianku Es bungsu merupakan salah satu olahan buah delima yang sudah melegenda. Minuman ini terasa menyegarkan sehingga cocok dikonsumsi di siang hari yang terik. Tak hanya menyegarkan, es ini juga kaya kandungan gizi. Buah delima yang digunakan sebagai salah satu bahan pembuatnya mengandung fitokimia.

es bungsu
foto: PIxabay

Delima terkenal sebagai sumber antioksidan yang memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan. Rasa tersebut disebabkan oleh kombinasi gula inversi yang terdiri atas glukosa, asam sitrat, asam borat, dan asam malat. Tiap 100 gram delima mengandung 68 kkal energi, 0,95 gram protein, 0,3 gram lemak, 17,17 gram karbohidrat, 3 mg kalsium, 8 mg fosfor, 259 mg kalium, dan 80, 97 gram.

Selain delima, menu ini juga menggunakan beberapa jenis buah seperti kelapa muda, avokad, dan kolang-kaling. Terbayang berapa banyak kandungan gizi di dalam semangkok porsi es bungsu, kan?!

Avokad terkenal sebagai sumber serat, tiap 100 gram buah avokad mengandung 17,4 gram serat. Avokad juga mengandung asam oleat yang mampu membuat penyerapan vitamin-vtamin yang larut dalam lemak lebih optimal.

Satu porsi es bungsu mengandung 191 kkal energi, 3,065 gram protein, 7,54 gram lemak total, 29,791 gram karbohidrat, 14,43 mg vitamin, 364,1 mg kalium, dan 32,5 gram Na.

Es bungsu cukup mudah dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup gampang didapat. Simak ulasan cara pembuatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es bungsu di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 150 gram pipilan delima merah
  • 2 buah kelapa muda, ambil airnya dan keruk tipis daging buahnya
  • 2 buah avokad matang (setara dengan 400 gram daging avokad)
  • 150 gram kolang-kaling, iris tipis memanjang, rebus
  • 100 cc susu kental manis putih
  • Es batu secukupnya, serut
Baca Juga:  Jurus Jitu Mengubah Tanaman Pepaya yang Tidak Produktif Menjadi Rajin Berbuah

Cara membuat:

  • Masukkan es serut ke gelas saji.
  • Tambahkan secara berturut-turut biji delima, daging kelapa muda, avokad, kolang-kaling, air kelapa, dan susu kental manis.
  • Sajikan segera.

Resep ini bisa disajikan untuk lima porsi. Agar rasanya lebih nikmat, pilihlah buah delima yang berat dan kulitnya tidak retak.