Resep Jus Buah Nikmat untuk Cegah Penyakit Jantung

Pertanianku — Serangan jantung kadang terjadi tanpa disadari. Ciri-cirinya adalah dada terasa sakit hingga menjalar ke bahu atau ke leher, keluar keringat dingin, jantung berdebar lebih kencang dari biasanya, dan napas sesak. Serangan jantung bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor. Tentunya, daripada mengobati lebih baik mencegah. Yuk, cegah penyakit jantung dengan resep jus buah yang nikmat.

penyakit jantung
foto: pixabay

Jus buah semangka dan pepino

Semangka merupakan buah yang memiliki kadar air tinggi sekitar 90 persen dan nutrisi lainnya yang sangat banyak terkandung di dalam buah semangka. Asam folat yang terkandung di dalam semangka mampu mengurangi cacat pada bayi yang baru lahir serta mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

Loading...

Pepino memiliki penampilan seperti mentimun dengan tekstur kulit seperti terung. Pepino  terbukti memiliki kandungan rendah lemak karena memiliki kandungan air sebesar 95 persen. Pepino sendiri dijuluki sebagai super fruit di Amerika Serikat karena manfaat yang dikandungnya sangat banyak termasuk mencegah penyakit jantung.

Berikut ini resep jus buah semangka yang dipadukan dengan pepino.

Bahan-bahan:

  • 500 gram pepino ungu
  • 300 gram semangka merah
  • setengah sendok makan air jeruk nipis
  • es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Cucilah pepino hingga bersih dan potong menjadi kecil-kecil.
  2. Kupas semangka lalu potong kasar.
  3. Masukkan pepino dan semangka ke juicer. Jus kedua buah tersebut hingga halus dan tercampur. Jus dari kedua bahan ini sebetulnya tidak memerlukan air karena kandungan air dari kedua buah ini sangat tinggi. Dalam proses juicer usahakan jangan terlalu lama karena efek panas yang ditimbulkan dari proses pemutaran pisau juicer kurang baik untuk buah.
  4. Tambahkan air jeruk nipis.
  5. Sajikan jus dengan es batu agar jus semakin nikmat dan segar.
Baca Juga:  Pemangkasan yang Tepat Memperindah Pohon Anggur

Jus anggur merah dan sari kedelai

Resveratol yang terkandung di dalam anggur berperan sebagai anti-oksidan yang mampu mengurangi risiko terjadinya atherosklerosis sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner. Anggur merah memiliki kandungan reveratol yang amat tinggi dimulai pada bagian biji dan kulitnya.

Anggur merah memang bagus untuk penderita penyakit jantung. Jika Anda mengonsumsi anggur, tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat sehingga mampu untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Bahan-bahan:

  • 200 gram anggur merah
  • 150 ml sari kedelai
  • es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Blender anggur sampai lembut dan campurkan sari kedelai, lalu aduk hingga rata.
  2. Jus buah sudah siap disajikan dengan menambahkan es batu.

 

 

Loading...
Loading...