Resep Jus Buah Segar untuk Penderita Asam Urat

PertaniankuAsam urat adalah asam yang berbentuk kristal dan merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Jika jumlah asam urat ini berlebihan di dalam tubuh, ginjal tidak mampu mengatur kestabilannya sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat pada jaringan dan air seni. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dengan gejala pembengkakan, kemerahan, panas, dan gangguan gerak.

asam urat
foto: Pixabay

Penderita asam urat dianjurkan untuk tidak memakan bahan makanan yang mengandung purin tinggi dan membatasi konsumsi bahan makanan berpurin sedang. Selain itu, konsumsi lemak total juga dibatasi karena lemak berlebih dapat menghambat proses pengeluaran asam urat melalui urine.

Penderita asam urat juga dianjurkan meningkatkan konsumsi cairan minimal sebanyak 2—2 ½ liter per hari, terutama cairan yang mengandung antioksidan dan cairan yang menghasilkan sisa basa tinggi. Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tersebut dengan buah.

Buah-buahan umumnya jika dikonsumsi dapat menghasilkan sisa basa yang tinggi di dalam tubuh. Selain itu, buah juga mengandung antioksidan tinggi. Buah-buahan yang bisa dikonsumsi adalah semangka dan jeruk. Kedua jenis buah tersebut bisa Anda kreasikan menjadi jus buah yang menyegarkan dan sehat. Berikut ini resep jus yang cocok untuk penderita asam urat.

Bahan-bahan:

  • 2 buah jeruk manis (110 gram), ambil sarinya
  • 2 pototng besar semangka (260 gram), potong kecil-kecil

Cara membuat:

  • Masukkan potongan semangka dan air jeruk ke blender.
  • Blender hingga halus.
  • Jus dapat disaring atau langsung diminum.

Satu porsi jus buah tersebut mengandung 150,4 kkal energi, 2,8 gram protein, 0,9 lemak, 37,1 gram karbohidrat, dan 427,5 gram air.

Jus ini bisa diminum kapan saja, tetapi waktu yang paling baik adalah saat akan tidur dan sesudah bangun tidur. Saat akan tidur adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan krsital asam urat sehingga jus dapat membantu proses pengeluaran menjadi lebih maksimal. Setelah itu, minum kembali jus ini pada pagi hari untuk menyempurnakan pengeluaran kristal.

Baca Juga:  Mengendalikan Kontaminasi Aflatoksin pada Biji Kakao