Resep Jus Buah yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

Pertanianku — Penyakit kolesterol disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang terakumulasi dalam waktu yang cukup lama dapat menimbulkan penyakit lainnya yang lebih serius. Bahkan, saat kolesterol kambuh pun rasanya sudah tidak enak, sakit di beberapa titik tubuh Anda sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda bisa menurunkan kadar kolesterol tersebut secara alami, memanfaatkan berbagai jenis buah-buahan yang dibuat menjadi jus buah.

menurunkan kadar kolesterol
foto: pixabay

Selain dengan buah, Anda harus memperbaiki pola makan dan pola hidup agar kolesterol tidak menumpuk kembali. Melalui kombinasi antara pola hidup yang sehat dan rajin mengonsumsi buah-buahan, kolesterol tinggi akan kembali pada kadar yang normal. Berikut ini beberapa resep jus buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Jeruk lemon dan belimbing manis

Loading...

Bahan yang digunakan adalah 50 ml perasan jeruk lemon, 100 gram belimbing manis, 3 sendok makan madu, dan 100 ml air hangat. Jus dibuat dengan cara memasukkan seluruh bahan ke dalam blender dan tambahkan 10 ml air matang. Blender semua bahan hingga halus tercampur merata. Jus bisa diminum setiap hari untuk membantu Anda menurunkan kadar kolesterol.

Buah melon dan anggur hijau

Bahan yang digunakan adalah ¼ buah melon, ½ gelas air, ½ gelas, ½ gelas gula pasir, ¾ gelas sari jahe, dan 200 gram anggur hijau. Buah melon dibentuk menjadi bulat-bulat kecil, dan masukkan ke lemari es hingga beku. Campurkan air, gula, dan sari jahe, didihkan hingga gula mencair, lalu diamkan. Setelah dingin, masukkan ke lemari es. Lalu, cuci bersih anggur, kemudian masukkan ke campuran melon dan larutan gula jahe.

Hidangan ini bisa Anda minum setiap 3 kali seminggu hingga kadar kolesterol kembali normal. Selain menyehatkan, hidangan ini lezat dan nikmat.

Baca Juga:  Olahan Daging Ikan Lele yang Berpotensi Menghasilkan Cuan

Daun sirsak

Gunakan 3—5 lembar daun sirsak. Daun sirsak tersebut direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat dan saring ke dalam gelas saat sudah hangat. Ramuan tersebut bisa Anda minum secara teratur selama sebulan untuk mengembalikan kadar kolesterol.

Daun jambu biji

Bahan yang dibutuhkan adalah 5 lembar daun jambu biji, 7 lembar daun jambu, 2 genggam daun ceremai, dan 10 lembar daun sirih. Cuci bersih semua bahan lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring airnya untuk Anda minum setiap pagi dan malam hari, masing-masing ¾ gelas.

 

 

Loading...
Loading...