Resep Jus Kulit Buah Manggis

Pertanianku — Khasiat kulit buah manggis sudah terkenal di mana-mana, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Tak heran, banyak produk obat herbal yang menggunakan kulit buah ini sebagai bahan baku utamanya. Tahukah Anda, sebenarnya kita bisa membuat sendiri ramuan kulit manggis di rumah, misalnya menjadi jus kulit buah manggis.

jus kulitbuah manggis
foto: Pixabay

Agar kulit buah manggis aman dikonsumsi, kulit perlu direndam terlebih dahulu ke dalam air minimal selama satu jam. Setelah itu, kulit dicuci hingga bersih tidak ada getah yang menempel. Selanjutnya, kukus kulit selama 3—5 menit, kemudian diblender hingga halus dengan 150 cc air.

Ramuan yang sudah jadi perlu disaring dengan kain halus untuk memisahkan serat kasarnya. Cara lain yang dapat dilakukan ialah mendiamkan kulit buah yang sudah diblender agar mengendap di bagian bawah.

Jus kulit manggis juga bisa dibuat dari seluruh bagian buah manggis. Jus yang akan dihasilkan cenderung tidak terlalu sepat tidak seperti jus murni yang terbuat dari kulit manggis saja. Penggabungan tersebut juga menghilangkan efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi bagian buah tertentu. Hal tersebut karena dalam satu buah biasanya terdapat penawar dari efek samping bagian buah yang lain.

Sebenarnya, Anda juga bisa membuat jus dari kulit manggis yang masih segar dan belum direbus. Namun, bagian kulit luar yang keras perlu dikupas terlebih dahulu karena bagian tersebut mengandung banyak saponin. Selanjutnya, cuci kulit manggis dan blender dengan 150 cc air.

Kandungan saponin dapat menghasilkan efek menyamak. Jika dikonsumsi dapat menutup pori-pori sel usus sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami usus kejang dan memicu muntah hingga diare.

Agar jus kulit buah manggis bertahan lama, Anda dapat menambahkan asam sitrat. Caranya cukup mudah, masak jus selama beberapa saat dengan asam sitrat. Asam sitrat yang digunakan juga dapat berfungsi untuk menguatkan rasa dan warna. Setelah itu, simpan jus di dalam botol dan masukkan ke kulkas agar tahan selama dua minggu. Jus yang disimpan dalam suhu kamar hanya bisa bertahan selama lima hari.

Baca Juga:  6 Tanaman yang Sering Digunakan untuk Membersihkan Gigi