Resep Jus untuk Mencegah Osteoporosis

PertaniankuOsteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan keadaan berkurangnya ketebalan tulang dan rusaknya mikroarsitektur tulang. Tulang dibentuk oleh suatu struktur bangunan yang mirip seperti sarang lebah, di dalamnya dipenuhi oleh kalsium dan mineral lainnya. Kalsium dan fosfor merupakan mineral yang paling mendominasi dalam menyusun tulang.

osteoporosis
foto: Pertanianku

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda perlu rajin mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung mineral, kalsium, dan fosfor. Umumnya, fosfor terkandung lebih banyak di dalam buah, seperti jeruk manis, nanas, dan pepaya. Selain kaya akan fosfor, buah-buah tersebut juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Berikut ini beberapa resep jus buah yang dapat dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis.

Nanas jeruk

Jus nanas jeruk tidak disarankan dikonsumsi ketika ingin makan karena hal tersebut dapat mengurangi efek serat makanan pada penyerapan kalsium. Jus ini sebaiknya dikonsumsi di antara waktu makan siang dan makan malam tanpa disertai makanan pendamping apa pun, menjelang tidur, atau ketika bangun tidur. Anda baru diperbolehkan makan kurang lebih setelah dua jam setelah mengonsumsi jus.

Bahan-bahan:

  • 4 buah jeruk manis (220 gram), kupas kulitnya
  • ½ buah nanas sedang (190 gram), potong kecil-kecil

Cara membuat:

  • Masukan buah ke blender dan hancurkan hingga halus.
  • Tuang jus ke dalam gelas dan segera minum.

Pepaya jeruk

Jus pepaya jeruk juga tidak disarankan dikonsumsi berdekatan dengan waktu makan. Sebaiknya, Anda mengonsumsi jus ini dua jam sebelum atau sesudah makan agar tidak mengganggu efek serat makanan pada penyerapan kalsium.

Bahan-bahan:

  • 4 buah jeruk manis segar (220 gram), peras dan ambil sarinya
  • 1 buah pepaya (110 gram), potong-potong

Cara membuat:

  • Masukkan ke blender buah pepaya dan sari jeruk, lalu hancurkan hingga halus.
  • Tuang ke dalam gelas dan segera minum.
Baca Juga:  Ramuan Herbal Daun Salam untuk Tumpas Penyakit