Resep Kembang Kol Goreng, Bisnis Sederhana Rasa Luar Biasa

Pertanianku — Pernahkah terlintas di benak Anda untuk berbisnis kembang kol goreng? Makanan yang satu ini belum banyak diperjualbelikan secara massal. Namun, tidak ada salahnya mencoba dengan membuat camilan yang berasal dari kembang kol. Menu ini dapat menjadi alternatif camilan bagi yang bosan dengan camilan itu-itu saja.

kembang kol goreng
foto: pixabay

Bahan utama yang diperlukan antara lain 1 bonggol kembang kol, 50 gram tepung terigu, 50 gram tepung maizena, ½ sendok teh baking powder, 200 mililiter air es, 1 sendok teh bubuk penyedap, dan minyak secukupnya untuk menggoreng kembang kol.

Kembang kol goreng tentu tidak lengkap jika disajikan tanpa saus. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat saus ini meliputi 4 siung bawang putih dan 3 cm ruas jahe. Kedua bahan ini dicincang kasar. Bahan lainnya adalah 5 sendok makan soy sauce, 2 sendok makan gula aren, 2 sendok teh gojuchang agar rasanya pedas, air secukupnya, biji wijen putih, dan daun bawang agar lebih segar.

Loading...

Tahap berikutnya adalah cara membuat camilan dari kembang kol ini. Campurkan seluruh bahan berupa tepung terigu, tepung maizena, baking powder, air es, dan penyedap masakan. Aduk hingga seluruh adonan tercampur dengan rata dan tidak ada gumpalan tepung lagi.

Potong-potong kembang kol sesuai selera. Usahakan ukurannya cukup untuk sekali makan dan tidak terlalu kecil. Jika sudah, celupkan kembang kol ini dalam adonan tepung hingga seluruh bagiannya tertutup.

Di sisi lain, panaskan minyak goreng dalam wajan. Gunakan minyak goreng dengan volume yang mampu merendam kembang kol ini. Saat minyak sudah panas, masukkan kembang kol yang sudah dicelupkan dalam adonan. Goreng hingga kembang kol berwarna kecokelatan dan siap diangkat. Tiriskan agar minyak tidak mengendap.

Baca Juga:  Kenali Hama yang Menyerang Cabai di Musim Hujan

Cara untuk membuat sausnya pun tidak kalah mudah. Masukkan soy sauce, gula aren, gocujhang, dan bahan-bahan lainnya yakni bawang putih, jahe, dan air ke wajan atau panci kecil. Aduk hingga shimmering. Jangan sampai adonan ini mendidih terlebih dahulu. Saus pun siap dihidangkan.

Jika Anda menghidangkan ini sebagai camilan untuk keluarga, Anda dapat mencampur kembang kol goreng dengan saus dan diberi tambahan wijen dan daun bawang yang sudah dipotong. Namun bila Anda ingin menjualnya, pisahkan dalam wadah yang berbeda. Wijen dan daun bawang dapat dipisah dari kembang kol goreng dan sausnya.

 

Loading...
Loading...