Resep Obat Herbal untuk Sakit Maag

Pertanianku — Ciri-ciri seseorang sedang menderita maag adalah perut terasa kembung dan penuh, mudah kenyang, mual saat ingin makan, sering bersendawa, nafsu makan menurun karena perut sakit, asam lambung naik, penurunan berat badan, dan biasanya disertai rasa nyeri pada bagian ulu hati. Sakit maag bisa dirasakan oleh siapa saja dan Anda pun harus lebih berhati-hati menjaga kesehatan lambung. Berikut ini ada beberapa ramuan obat herbal untuk maag.

sakit maag
foto: pertanianku

Obat herbal untuk maag terbuat dari bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping. Namun, jika rasa sakit sudah tidak bisa tertahan, sebaiknya segera bawa diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan langsung dari tenaga medis.

Pisang klutuk yang belum masak

Loading...

Gunakan pisang klutuk yang belum masak secukupnya. Kupas pisang dan iris tipis-tipis, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga mengering. Pisang yang sudah kering digiling hingga menjadi bubuk dan simpan dalam wadah yang bersih. Jika ingin digunakan, ambil 1 sendok teh pisang klutuk dan seduh dengan air panas. Minum ramuan pisang klutuk saat sudah dingin, jangan lupa untuk diaduk terlebih dahulu.

Ramuan ini dapat diminum langsung bersama dengan ampasnya sebanyak 3 kali sehari selama 2 minggu. Setelah dua minggu, minum ramuan ini menjadi 1 kali sehari.

Gula aren dan daun salam

Gunakan daun salam segar sebanyak 15—20 lembar dan gula aren secukupnya. Cuci bersih daun salam dan rebus dengan ½ liter air hingga mendidih selama 15 menit. Selanjutnya, tambahkan gula aren, lalu angkat dan dnginkan. Minum ramuan ini seperti minum teh. Lakukan setiap hari hingga rasa perih pada perut dan penuh pada lambung menghilang.

Daun sikas

Baca Juga:  Mengenal Tanaman Obat Cakar Ayam

Gunakan daun sikas kering sebanyak 15 gram. Rebus daun sikas kering tersebut dengan 3 gelas air hingga mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas. Angkat, lalu dinginkan air rebusan dan saring. Ramuan ini dapat diminum sekaligus habis.

Herba jombang

Gunakan 15 gram herba jombang dan 1 sendok makan arak beras. Cuci bersih herba jombang segar dan potong-potong seperlunya. Rebus herba dalam panci dengan 3 gelas air, biarkan hingga air menyusut tersisa 1 gelas. Selanjutnya, tambahkan arak beras sambil diaduk. Ramuan ini dapat diminum 3 kali sehari setelah makan, masing-masing sebanyak 1/3 bagian.

Loading...
Loading...