Resep Pakan Buatan untuk Lobster dari Hewan

    PertaniankuPakan buatan untuk lobster sering diberikan pada fase pembesaran lobster air tawar dan lobster yang disiapkan untuk indukan. Ada beberapa jenis pakan buatan untuk lobster. Pakan buatan terbuat dari beberapa bahan baku. Hal ini bertujuan melengkapi seluruh kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh lobster. Salah satu jenis pakan buatan untuk lobster adalah yang terbuat dari hewan.

    pakan buatan untuk lobster
    foto: pertanianku

    Tepung rebon dan benawa

    Rebon merupakan udang kecil yang biasa digunakan untuk pembuatan terasi, sedangkan benawa merupakan anak kepiting laut. Rebon dan benawa akan muncul dalam jumlah banyak pada saat memasuki musim hujan, biasanya rebon dan benawa akan muncul di sekitara muara sungai.

    Loading...

    Cara membuat pakan buatan ini adalah dengan merebus seluruh bahan, yakni rebon dan benawa. Selanjutnya, bahan dimasukkan ke karung dan diperas. Bahan yang sudah diperas akan dikeringkan ampasnya. Ketika sudah kering, ampas digiling menjadi tepung.

    Tepung kepala udang

    Tepung kepala udang memang terbuat dari kepala udang yang biasanya menjadi limbah dari proses pengolahan masakan udang. Kandungan nutrisi tepung kepala udang terbilang tinggi sehingga baik untuk lobster.

    Cara pembuatan tepung kepala udang dilakukan dengan merebus kepala udang, lalu dijemur hingga kering, dan digiling. Ketika sudah digiling, tepung diayak hingga halus. Bagian yang kasar mengandung banyak kitin dan harus dibuang.

    Tepung ikan

    Bahan baku pembuatan tepung ikan adalah ikan rucah atau ikan yang didapatkan dari laut tetapi tidak memiliki nilai ekonomis. Ikan ini difermentasikan menjadi bekasem untuk menghilangkan bau yang dapat menghilangkan nafsu makan lobster.

    Cara pembuatan pakan ini adalah dengan merebus ikan sampai masak, lalu dimasukkan ke karung dan diperas. Air perasannya dapat digunakan kembali untuk diambil petis/minyak. Lalu, ampasnya dikeringkan dan digiling menjadi tepung.

    Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

    Tepung kepompong ulat sutera

    Bahan pembuatan tepung kepompong ulat sutera, yaitu kepompong ulat sutera yang merupakan limbah dari industri benang sutera. Kepompong sutera masih memiliki kandungan protein sebesar 46,74 persen dan bermanfaat untuk lobster.

    Silase ikan

    Silase ikan merupakan hasil sampingan dari bahan baku asal ikan yang berbentuk cairan. Kandungan nutrisi dalam silase adalah sebesar 18—20 persen protein, 1—2 persen lemak, 70—75 persen air, dan 0,3—0,9 fosfor.

    Loading...
    Loading...