Resep Puding Pepaya yang Mudah Dibuat

Pertanianku— Pepaya sering disajikan buah konsumsi. Buah yang cukup ekonomis ini bisa Anda kreasikan menjadi berbagai hidangan menarik seperti puding. Puding pepaya dapat dijadikan camilan sehat yang cukup mudah dibuat untuk anggota keluarga.

puding pepaya
foto: Pixabay

Selain ekonomis, pepaya terkenal banyak mengandung gizi. Buah ini terkenal sebagai sumber vitamin C dan betakaroten. Sekitar 100 gram buah pepaya terkandung vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk orang dewasa.

Di dalam pepaya juga terkandung pectin (serat larut air) yang tinggi. Umumnya, buah pepaya mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, natrium, zat besi, karoten, vitamin (B1, B2, B3, dan C), serat, serta air.

Di dalam buah ini juga terkandung zat fitokimia likopen yang hanya bisa dijumpai pada buah pepaya berwarna merah. Sementara itu, buah pepaya berwarna kuning mengandung karotenoid jenis cryptoxantin dan karotena. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan likopen yang tinggi, pilihlah daging buah pepaya yang berwarna merah.

Berikut ini cara membuat puding pepaya yang dapat Anda tiru.

Bahan-bahan:

  • Pepaya 50 gram, dihaluskan
  • Pepaya 25 gram, dibentuk bulat-bulat
  • Agar-agar berwarna kuning atau merah 1/3 bungkus
  • Gulas pasir 1 ½ sendok makan
  • Putih telur ½ butir, kocok hingga kaku
  • Vanili secukupnya
  • Air putih 50 cc

Cara membuat:

  1. Campur pepaya dengan air, agar-agar bubuk, dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata, kemudian didihkan sambil diaduk secara perlahan.
  2. Tambahkan vanili, aduk hingga rata, lalu segera angkat.
  3. Tuang adonan sedikit demi sedikit ke dalam putih telur yang sudah dikocok sambil diaduk hingga tercampur merata.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan, dinginkan.
  5. Hidangkan puding pepaya dengan potongan buah pepaya segar.
Baca Juga:  Budidaya Krisan dengan Sistem Aeroponik Bikin Panen Lebih Cepat