Resep Ramuan Herbal dari Rempah untuk Jerawat

Pertanianku— Umumnya, jerawat merupakan kelainan kulit yang kerap terjadi pada wajah, dada bagian atas, dan punggung. Kelainan ini terbilang wajar dan bisa dialami oleh banyak orang. Namun, kondisi jerawat dapat memburuk sehingga banyak jerawat yang tumbuh memenuhi kulit wajah. Ada banyak cara mengatasi kelainan ini, salah satunya menggunakan ramuan herbal jerawat.

herbal jerawat
Foto: Pixabay

Sebelum mengobati, Anda harus memahami jerawat lazim muncul saat masa remaja yang sedang mengalami perubahan fisik menjadi dewasa. Hormon tubuh merangsang kelenjar minyak kulit yang akan membesar dan memproduksi lebih banyak minyak.

Minyak tersebut dialirkan ke folikel rambut dan dikeluarkan ke permukaan kulit. Terkadang, pori-pori yang menjadi jalan keluar masuk minyak itu tersumbat, entah tersumbat kulit mati atau benda asing seperti debu. Pori-pori kulit yang tersumbat membuat bagian tersebut lebih mudah terinfeksi kuman. Infeksi tersebut akan menimbulkan reaksi merah, bengkak, dan bernanah di permukaan kulit. Infeksi itulah yang disebut jerawat.

Ada banyak ramuan herbal dari jerawat, di antaranya ramuan yang terbuat dari campuran beberapa rimpang rempah dan tanaman herbal lainnya. Berikut ini resep ramuan herbal yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

  • Daun binahong 10 gram
  • Batang brotowali 15 gram
  • Rimpang kencur 10 gram
  • Daun pulosari 10 gram
  • Rimpang temu putih 20 gram

Rimpang kencur berkhasiat mengatasi permasalahan pencernaan dan membersihkan usus. Daun pulosari bermanfaat menjaga kesehatan usus dan limpa. Batang brotowali berfungsi untuk menghaluskan kulit, daun binahong mampu menghilangkan flek bekas jerawat, dan rimpang temu putih dapat menjaga keseimbangan hormonal.

Baca Juga:  Tanaman Herbal untuk Asam Urat yang Sangat Mudah Ditemukan