Resep Ramuan Mengkudu yang Sangat Berkhasiat untuk Kesehatan

Pertanianku— Mengkudu (Morinda citrifolia L.) banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia sebagai pohon pelindung di pekarangan rumah. Namun, sayangnya masih banyak yang belum memanfaatkan buahnya karena terasa sangat pahit. Padahal, mengkudu sangat berkhasiat untuk kesehatan dan menyembuhkan beberapa macam penyakit. Agar mudah mendapatkan khasiatnya, Anda bisa membuat ramuan mengkudu yang sudah dicampur dengan bahan lain.

ramuan mengkudu
foto: pertanianku

Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman ini adalah buahnya. Buah mengkudu mengandung acubin, asperuloside, alizarin, dan beberapa zat antraquinon, asam askorbat, scopoletin, xeronine, dan proxeronine. Sementara itu, penyakit yang bisa diobati oleh buah ini adalah batuk dan tekanan darah tinggi.

Ada dua resep ramuan mengkudu yang sangat mudah diikuti, simak ulasan berikut ini.

Loading...
  1. Peras mengkudu, lalu masak untuk diambil sarinya. Selanjutnya, campurkan satu sendok madu dan aduk hingga rata, kemudian saring. Ramuan sudah bisa diminum sebanyak 2 hari sekali untuk penderita hipertensi.
  2. Rebus satu buah mengkudu dan satu ruas kencur dengan dua gelas air hingga mendidih sampai air tersisa satu gelas. Selanjutnya, saring air rebusan dan minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam satu hari, yakni pada pagi dan sore hari untuk mengatasi demam, masuk angin, flu, atau batuk.

Rasa pahitnya mungkin tidak akan hilang 100 persen, tapi racikan ramuan tersebut bisa mengurangi tingkat kepahitan yang sering tidak disukai oleh orang-orang.

Faktanya, mengkudu mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Seluruh zat nutrisi yang ada di dalam mengkudu dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, vitamin, dan beberapa mineral penting. Selain itu, mengkudu terkenal sebagai sumber antioksidan yang hebat sehingga bisa menjaga daya tahan tubuh dari berbagai sumber penyakit.

Baca Juga:  Yoghurt Sinbiotik, Minuman Kaya Serat dari Tepung Pisang

Di Jawa Barat, daun mengkudu muda dan buah mengkudu muda sering diolah menjadi urap atau pecel yang disajikan bersama nasi putih.

Meskipun dinilai bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, pasien yang sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsi mengkudu karena bisa menyebabkan potassium di dalam darah meningkat. Hal yang sama terjadi untuk pasien yang sedang dalam pengobatan liver. Buah mengkudu justru dapat meningkatkan risiko kerusakan liver.

Selain itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi ramuan mengkudu dengan dosis yang berlebihan sebelum melakukan konsultasi pada ahlinya.

Loading...
Loading...