Resep Ransum Itik Sederhana Ampuh Tingkatkan Produksi Telur

Pertanianku — Membuat ransum itik harus memerhatikan kebutuhan kadar protein yang diperlukan oleh itik. Misalnya, untuk anak itik (meri) yang masih berumur 2—6 bulan membutuhkan kadar protein sebesar 20 persen. Sementara, untuk itik dewasa dan sudah bertelur atau sudah berumur 6 bulan ke atas, kadar protein yang dibutuhkan hanya 18 persen.

ransum itik
foto: pertanianku

Pembuatan ransum sebagai pakan alternatif dapat menghemat beban produksi jika dilakukan dengan benar. Cara pembuatan ransum memiliki dua cara. Pertama, pembuatan ransum dengan komposisi tabel. Kedua, pembuatan ransum untuk itik dengan cara yang sederhana. Saat ini akan dibahas cara pembuatan ransum itik sederhana.

Menyusun ransum akan lebih praktis saat dilakukan dengan cara yang sederhana. Untuk menyusun ransum itik petelur dapat menggunakan patokan dua bagian dedak, dua bagian jagung, dan satu bagian konsentrat. Hanya saja untuk itik dara, ransum perlu ditambahkan dengan ikan rucah, anak kodok, bekicot, keong emas, cacing, ataupun kupang.

Loading...

Seluruh bahan tambahan yang berupa hewan air sebaiknya direbus untuk mengeluarkan lendir atau racun yang terkandung di sumber-sumber protein hewan.

Dalam satu hari, itik dewasa membutuhkan 175 gram ransum. Ransum tersebut terdiri atas 70 gram dedak, 70 gram jagung, dan 35gram konsentrat. Ransum untuk itik dewasa masih harus ditambah dengan hijauan segar berupa sayuran yang tidak dikonsumsi manusia, rumput, ataupun hijauan lainnya.

Sementara, untuk anak itik, ransum yang dibutuhkan sebanyak 50 gram per ekor untuk setiap harinya. Ransum tersebut terdiri atas 20 gram jagung dan 10 gram konsentrat.

Apabila konsentrat masih dirasa cukup mahal, Anda dapat menggantinya dengan protein hewani yang bisa didapatkan, baik dari ikan-ikan rucah atau kupang, siput, bekicot, cacing, maupun keong mas yang sering menjadi hama bagi para petani di sawah.

Baca Juga:  Tips Jitu agar Panen Jangkrik Lebih Cepat

Campuran dedak dengan cacahan daging bekicot telah terbukti ampuh menaikkan produksi telur dan bobot telur itik. Ransum ini mampu membuat itik betelur lebih cepat dari biasanya. Bekicot yang digunakan merupakan bekicot yang sehat, dewasa, dan tidak sedang betelur.

Bekicot yang akan diberikan pada itik dewasa cukup dicincang menjadi empat bagian, sedangkan bekicot untuk anak itik harus dicincang leibih kecil. Cincangan daging bekicot dicampur dengan dedak dan air secukupnya. Namun, usahakan ransum jangan terlalu basah.

 

 

Loading...
Loading...