Resep Sederhana dan Alami Atasi Lemah Jantung

Pertanianku —  Lemah jantung atau kardiomiopti merupakan suatu kondisi di saat kemampuan jantung menurun karena tidak berfungsi secara normal. Lemah jantung terjadi karena otot jantung melemah dan tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

lemah jantung
foto: pixabay

Penyakit ini dapat diindikasikan dari beberapa gejala. Salah satunya, sesak napas karena pasokan oksigen dari paru-paru ke jantung terganggu. Seseorang yang mengalami lemah jantung akan mudah lelah karena jantung tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Gejala selanjutnya detak jantung yang cepat dan tidak teratur dan pembengkakan di beberapa area tubuh seperti pergelangan kaki, perut, tungkai dan tungkai kaki.

Kondisi jantung yang lemah dapat diminimalkan dengan obat alami dari bahan daun kenikir segar dan buah tekokak. Daun kenikir biasa digunakan dalam pengobatan Cina karena khasiatnya yang mampu membunuh 98 persen sel-sel kanker. Zaman dahulu daun kenikir dimanfaatkan sebagai obat antimalaria dan kini daun kenikir juga dapat digunakan untuk pengobatan lemah jantung.

Loading...

Daun kenikir memiliki kandungan anti-oksidan dan flavonoid yang dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Lemah jantung terjadi dikarenakan penebalan otot jantung dan pembuluh darah.

Senyawa flavonoid yang terkandung pada daun kenikir bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah. Nah, berikut ini cara pembuatan ramuan daun kenikir.

Bahan-bahan:

  • Daun kenikir segar 100 gram
  • Air 3 gelas

Cara membuat:

  • Cara 1 : Daun kenikir dikonsumsi langsung sebagai lalap.
  • Cara 2 : Daun kenikir dikukus hingga setengah matang, lalu dimakan
  • Cara 3 : Daun kenikir direbus dengan 3 gelas air hingga air surut tersisa 2 gelas. Setelah air rebusan dingin, air diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Bahan alami selanjutnya adalah buah tekokak yang memiliki bentuk seperti ranti atau leunca dalam bahasa Sunda. Tanaman buah tekokak merupakan tanaman liar dan sering dianggap gulma. Namun, tidak disangka buah tekokak memiliki khasiat yang mampu menjadi obat herbal untuk lemah jantung.

Baca Juga:  Tutorial Pijat Ambing Ampuh Tingkatkan Produksi Susu Ternak

Untuk mengatasi lemah jantung, Anda cukup mengonsumsi buah tekokak sebanyak 40—50 gram sebagai lalapan mentah. Konsumsi sebanyak 1—2 kali dalam sehari.

Loading...
Loading...