Resep Selai Nanas yang Mudah Dibuat

Pertanianku — Nanas merupakan sumber vitamin C dan mangan yang sangat bagus bagi tubuh. Buah nanas juga mengandung nutrisi yang mampu menjaga daya kekuatan tulang dan membantu pencernaan. Buah nanas segar mengandung 10 persen gula, yang terdiri atas sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Anda bisa mengolah buah nanas menjadi selai nanas yang manis dan lezat.

selai nanas
foto: pixabay

Selain digunakan sebagai tambahan atau topping saat makan roti tawar, ada beberapa menu makanan manis lainnya yang dapat dibuat dari selai nanas. Pengolahan buah nanas menjadi selai berguna untuk memperpanjang daya simpan buah.

Untuk membuat selai, Anda membutuhkan buah yang masih segar dan berkualitas baik. Pilihlah buah nanas yang sudah cukup matang. Jangan yang terlalu matang apalagi yang mendekati busuk. Pasalnya, kondisi buah sangat memengaruhi hasil selai nanti.

Loading...

Pektin merupakan zat yang berfungsi untuk membentuk gel pada produk selai. Buah yang setengah matang hingga masak sempurna mengandung pektin yang cukup banyak. Kadar kandungan pektin tersebut akan semakin menurun bersama dengan tingkat kematangan buah.

Sebenarnya, dalam kandungan gula yang cukup tinggi sudah bisa jadi pengawet untuk produk selai. Namun, Anda tetap perlu memberikan zat pengawet.

Zat pengawet yang aman dan bisa Anda gunakan adalah natrium benzoate atau asam sorbat. Natrium benzoate bisa menghasilkan rasa asam, sedangkan asam sorbat cenderung netral dan tidak berbau. Anda bisa mendapatkan zat pengawet ini di toko yang menjual berbagai macam aneka bahan kue.

Berikut ini ulasan mengenai bahan dan cara pembuatan yang bisa Anda ikuti.

Bahan-bahan:

  • Nanas yang sudah masak sebanyak 1 kg (lebih kurang ukuran nanas sedang). Hancurkan daging buahnya
  • 1 kg gula pasir
  • 3 gram pektin
  • 2 gram asam sitrat (Anda juga bisa menggantinya dengan jeruk nipis sesuai selera)
  • 0,5 gram natirum benzoate
Baca Juga:  Tips Membuat Pohon Jambu Air Khiojok Cepat Berbuah Lebat

Cara membuat:

  1. Kupas buah nanas hingga bersih, buang bagian matanya, dan cuci dengan air bersih.
  2. Blender daging buah hingga hancur dan berbentuk bubur nanas.
  3. Siapkan wajan dan masak bubur nanas dengan api sedang.
  4. Tambahkan gula pasir dan pektin, lalu aduk hingga rata.
  5. Lakukan pemanasan sambil terus diaduk secara perlahan. Selanjutnya, tambahkan asam sitrat dan terus aduk hingga mendidih.
  6. Masukkan natrium benzoate dan aduk kembali hingga larutan berbentuk gel.
  7. Larutan tersebut biasanya menghasilkan busa, buang busa tersebut dan kemas selai nanas yang sudah jadi ke dalam wadah yang sudah disterilisasi.
Loading...
Loading...