Resep Serabi Saus Nangka yang Lezat

Pertanianku — Selama ini serabi identik disajikan dengan larutan gula yang manis untuk menyeimbangkan gurihnya serabi. Serabi merupakan camilan khas masyarakat Sunda dan sudah terkenal menjadi jajanan pasar sejak 1920-an. Saat ini sudah ada banyak variasi dari menu serabi, salah satu inovasi yang bisa Anda ikuti adalah serabi saus nangka.

serabi saus nangka
foto: Pertanianku

Pada dasarnya resep serabi yang digunakan hampir sama. Akan tetapi, resep saus yang ditambahkan buah nangka akan memiliki cita rasa dan aroma khas. Resep ini bisa menjadi ide bisnis atau sekadar dijadikan sebagai camilan yang nikmat.

Berikut ini resep serabi saus nangka yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan:

  1. Tepung beras putih 200 gram
  2. Air 100 ml
  3. Garam ¼ sendok teh
  4. Tepung terigu 50 gram

Bahan saus:

  1. Buah nangka 25 gram dipotong dadu kecil
  2. Gula aren 25 gram
  3. Air 25 ml

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan adonan serabi, sisihkan.
  2. Masak semua bahan saus hingga mengental, sisihkan.
  3. Siapkan cetakan serabi, lalu panaskan.
  4. Tuang adonan serabi sebanyak satu sendok sayur ke dalam cetakan, lalu masak hingga matang. Lakukan cara ini hingga seluruh adonan habis.
  5. Sajikan serabi dengan saus nangka.

Menu serabi nangka mengandung energi 664,80 kal, protein 11,37 gram, lemak 1,07 gram, karbohidrat 138,84 gram, fosfor 184,68 mg, kalsium 34,55 mg, zat besi 2,30 mg, vitamin C 1,75 mg, vitamin B 0,20 mg, serat 8,86 gram, dan kolesterol 0,11 gram.

Tahukah Anda, menu serabi juga tersebar hingga ke Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Biasanya, di Sumatera Utara, serabi disajikan dengan topping durian. Di Jakarta, serabi sudah terkenal sebagai jajan tradisional yang memiliki ciri khas aroma dengan beragam rasa.

Baca Juga:  Resep Ayam Bakar Lezat dan Ramah Asam Urat