Resep Spaghetti Bolognese yang Cocok untuk Diet

Pertanianku — Siapa bilang makanan diet selalu tidak enak. Makanan enak juga bisa Anda sulap jadi makanan diet yang lezat dan menyehatkan. Salah satu menu yang wajib Anda coba adalah spaghetti bolognese. Menu pasta ini memang terdengar biasa, tetapi akan tambah spesial bila spaghetti diolah menjadi makanan yang tidak mengacaukan program diet.

spaghetti bolognese
foto: pixabay

Sebagian orang merasa khawatir dengan kandungan kalori di dalam pasta yang terbilang tinggi. Ada banyak jenis pasta yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti spaghetti, seperti fettuccine, fusilli, penne, dan sebagainya. Kunci dari menu ini adalah pemilihan pasta yang tepat. Oleh karena itu, pastikan menggunakan pasta yang terbuat dari gandum utuh.

Secara alami pasta mengandung lemak rendah dan karbohidrat yang tinggi. Pasta yang terbuat dari gandum utuh memiliki serat tinggi. Menu ini cocok dikonsumsi saat makan siang atau makan malam. Berikut ini resep spaghetti bolognese yang ramah diet dan mudah diikuti.

Bahan-bahan:

400 gram spaghetti

150 gram daging sapi cincang

75 gram bawang bombai, cincang kasar

1 sendok makan minyak untuk menumis

2 buah tomat, cincang kasar

100 ml saus tomat

50 ml air

¼ oregano kering

¼ sendok teh basil kering

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Cara membuat:

Rebus pasta hingga matang (al dente) di dalam air mendidih selama 8–10 menit.

Tumis bawang bombai hingga harum, tambahkan daging cincang dan tunggu hingga setengah matang. Tambahkan tomat cincang, saus tomat, dan air.

Bumbui dengan oregano, basil, garam, gula, merica secukupnya, lalu aduk hingga rasanya pas sesuai dengan selera Anda, angkat dan sisihkan.

Baca Juga:  Ubah Limbah Sabut Kelapa Jadi Pot Bunga

Saring pasta dan taruh pada piring saji. Siramkan tumisan daging di atasnya. Sajikan pasta selagi masih hangat.

Menu ini bisa disajikan untuk 4 porsi. Satu porsi spaghetti bolognese mengandung 360 kkal.