Resep Waffle yang Ramah untuk Pegiat Diet

Pertanianku — Belakangan menu waffle kembali populer saat dipadukan dengan adonan croissant. Namun, sayangnya, sebagian pegiat diet pasti menghindari menu waffle karena dianggap dapat mengacaukan program diet yang sedang dijalani. Pada dasarnya waffle juga bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

waffle
foto: PIxabay

Menu waffle bisa dikonsumsi untuk sarapan atau makan malam. Kuncinya adalah bahan-bahan yang rendah kalori dan rendah gula. Yang terpenting, jangan jadikan waffle sebagai menu sampingan. Apabila Anda tidak memiliki loyang pencetak waffle, Anda bisa memasak adonan sebagai pancake dengan menggunakan panci penggorengan. Berikut ini uraian lebih jelas megenai bahan dan cara membuat waffle yang ramah untuk diet.

Bahan-bahan:

100 gram butter

45 gram gula halus

3 gram garam

200 gram tepung terigu

50 gram havermut

½ sendok teh baking powder

250 ml susu rendah lemak

250 ml air mineral

Bahan toping:

Gula bubuk

Kayu manis bubuk secukupnya

Cara membuat:

Kocok butter, gula, dan garam hingga mengembang.

Tambahkan tepung terigu, havermut, dan baking powder. Masukkan susu dan air, aduk rata.

Dalam wadah terpisah, kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku.

Campurkan telur putih tersebut ke dalam adonan pertama dengan menggunakan spatula. Olesi cetakan kue waffle dengan sedikit margarin, lalu tuang adonan secukupnya. Masak hingga adonan matang.

Tunggu hingga suhu waffle menurun, lalu taburi dengan kayu manis bubuk secukupnya dan gula bubuk di atas sesuai selera. Anda bisa mengganti bahan toping sesuai dengan selera.

Baca Juga:  Ubah Limbah Sabut Kelapa Jadi Pot Bunga