RI Siap Ekspor Lada ke Uzbekistan


Pertanianku – Belum lama ini Uzbekistan menjajaki pasar lada di Indonesia yang memiliki potensi baik. Bahkan, negara tersebut berencana mengimpornya dari Indonesia.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap mengekspor lada putih ke Republik Uzbekistan menyusul peningkatan hasil lada petani setempat.

Foto: pixabay

“Hasil lada putih petani sudah mencapai 32.000 ton, sementara ekspor komoditas tersebut masih kisaran 5.000 ton per tahun,” jelas Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Toni Batubara di Pangkalpinang, seperti diberitakan Republika (29/8).

Ia mengatakan kunjungan Wakil Perdana Menteri Republik Uzbekistan YM Zoyir Toirovich Mirzaev beserta pejabat pemerintahan dan pengusaha dari Uzbekistan beberapa waktu lalu ke Pangkalpinang merupakan suatu peluang yang bagus bagi pemerintah guna menjalin kerja sama perdagangan kedua negara.

“Kami belum mengetahui secara pasti bentuk kerja sama antara Pemprov Kepulauan Babel dengan Uzbekistan, namun yang jelas kita siap memenuhi permintaan pasar negara tersebut,” tuturnya.

Ia mengungkapkan dalam kurun waktu tiga tahun, hasil lada putih RI mencapai 32.000 ton per tahun atau mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 15.000 ton per tahun.

“Saat ini luas perkebunan lada putih petani 50.000 hektare dan diperkirakan akan terus bertambah, karena minat petani mengembangkan perkebunan komoditas ekspor tersebut cukup tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kunjungan Wisatawan Pulau Komodo Perlu Ditata Ulang
loading...
loading...