Ribuan Benih Ikan Ditebar di Sungai Martapura


Pertanianku – Sebanyak 100 ribu ikan lokal ditebar secara bertahap ke sungai yang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk mendukung kelanjutan ekosistem sungai. Spesies ikan lokal Kalimantan hampir punah akibat gencarnya penangkapan ikan yang dilakukan terus-menerus.  Sebagai tahap awal, sekitar 50 ribu benih ikan lokal jenis kelabau, papuyu, dan gabus mulai ditebar ke Sungai Martapura, Banjarmasin.

Ribuan Benih Ikan Ditebar di Sungai Martapura

Penebaran ikan itu dihadiri oleh Direktur Kesehatan Ikan dan Lingkungan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Agus Priyono, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kalimantan Selatan Isra, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarmasin Doyo Pudjadi.

Agus Priyono mengatakan hampir semua spesies ikan lokal di Indonesia hampir punah. “Ini karena masyarakat umumnya hanya menangkap ikan tanpa memperhatikan kelestarian ikan dan lingkungan,” ungkap Agus.

Agus melanjutkan, bahwa selama ini penangkapan ikan sering dilakukan secara sembarangan seperti menggunakan setrum, bom, tuba, dan potas. Penangkapan ikan secara ilegal inilah yang membuat populasi ikan lokal terus berkurang. “Kami juga meminta agar pemerintah daerah menjaga sungai dan perairan yang ada, dengan tidak membuang sampah dan limbah ke sungai karena dapat mengancam kelestarian ikan di sungai,” tegas Agus.

Baca Juga:  Panen Nila 500 Gram per Ekor
loading...
loading...