Rintangan Bisnis Ternak Ayam Kampung

Pertanianku — Omzet dari perniagaan ayam kampung sebenarnya menggiurkan, mengingat permintaannya terus meningkat dan harga jualnya lebih tinggi. Itu sebabnya banyak yang menyebutkan bisnis ternak ayam kampung menjanjikan. Namun, bukan berarti bisnis ini tidak memiliki rintangan. Bagaimana pun, peternakan memiliki risiko yang tinggi karena berkaitan langsung dengan makhluk hidup, yakni ayam.

ternak ayam kampung
foto: Pertanianku

Seperti yang pernah dialami peternak di Desa Cimulang, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sekitar 1.000 ekor ayam miliknya mati pada 2017. Kejadian tersebut diduga karena kualitas pakan yang diberikan rendah. Alih-alih dapat menghemat biaya pakan, peternak tersebut justru mengalami kerugian mencapai Rp30 juta.

Permasalahan lain yang kerap terjadi adalah kesulitan menjual ayam saat pertama kali panen. Biasanya, pemula terpaksa menjual hasil panen kepada tengkulak. Hal ini membuat keuntungan yang didapatkan jadi sedikit.

Kendala pemasaran seperti yang sering terjadi pada pemula sebenarnya bisa diatasi dengan memperluas pasar dan melakukan pemasaran daring di media sosial.

Keuntungan baru bisa dirasakan peternak ketika kendala dapat diatasi. Pasalnya, sudah banyak peternak ayam kampung yang telah membuktikan usahanya bisa berkembang dari skala kecil hingga skala besar. Dari awalnya hanya ratusan ternak ayam yang dipelihara hingga mampu memiliki ribuan ayam.

Apalagi, berdasarkan tingkat konsumsi ayam kampung mencapai 10–11% dari tingkat konsumsi ayam nasional. Pemerintah menargetkan tingkat konsumsi ayam kampung meningkat jadi 25%. Hal ini bisa menjadi peluang yang baik bagi peternak-peternak kecil karena masih belum banyak perusahaan besar yang melirik budidaya ayam kampung.

Salah satu kunci keberhasilan mengembangkan usaha bisnis ayam kampung adalah menjalin kemitraan dengan peternak di sekitar.

Usaha ayam kampung bisa dilakukan dari skala kecil sehingga terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, meskipun usaha ternak ini tergolong memiliki banyak rintangan, tetap saja peluangnya sangat besar apabila dilakukan dengan cara budidaya yang benar. Saat ini pun sudah ada beberapa strain ayam kampung unggulan yang dapat memudahkan pembudidaya, seperti ayam kampung unggul Balitnak (KUB), sensinak, dan merawang.

Baca Juga:  Keunggulan Kambing Boerka sebagai Pedaging Unggul