Risiko Biopestisida Terhadap Lingkungan


Pertanianku – Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (US-EPA), risiko yang ditimbulkan biopestisida terhadap lingkungan relatif kecil jika dibandingkan dengan bahan kimia sintesis. Hal ini disebabkan oleh bahan penyusun biopestisida sebagian besar adalah bahan alam.

Faktor Risiko Biopestisida

Namun, dalam beberapa hal terdapat jenis-jenis mikrobia tertentu yang dapat menyebabkan infeksi toksis pada hewan dan manusia. Pada jenis jamur yang patogen terhadap serangga seperti Beauveria sp. dan Metarhizium sp., ada yang diduga dapat menyebabkan infeksi pada manusia. Di dalam Journal Clinical Microbiology, para peneliti menemukan sejenis jamur Beauveria sp. yang menginfeksi jaringan dalam tubuh pasiennya dan menimbulkan gejala gatal-gatal, korengan, dan kulit melepuh.

Demikian pula dengan tanaman transgenik walaupun dapat dikatakan sukses, tetapi hingga saat ini masih terjadi perdebatan antara para pakar dan peneliti tentang dampak jangka panjang dan potensi bahaya terhadap lingkungan. Kekhawatiran itu timbul dengan alasan sebagai berikut.

a) Kemungkinan akan terjadi persilangan dan penyisipan faktor keturunan pada tanaman nontarget.

b) Tanaman transgenik cenderung mendominasi populasi pada suatu kawasan tertentu.

 

Sumber: Buku Membuat Biopestisida

Baca Juga:  Yuk, Buat Pupuk ala Rumahan dengan Cara Ini