Risiko yang Kerap Dihadapi Peternak Ayam Broiler Saat Pergantian Musim

Pertanianku — Pergantian musim merupakan kondisi yang cukup berbahaya bagi ayam broiler. Tak heran, banyak peternak yang melakukan pengosongan kandang saat musim berganti. Biasanya, pada pergantian musim, ayam jadi lebih mudah terserang penyakit. Padahal, penyakit merupakan salah satu penyebab kerugian yang cukup berpengaruh.

ayam broiler
foto: Pixabay

Saat memasuki pergantian musim, biasanya usaha peternakan ayam broiler mengalami tiga kendala utama, yakni fluktuasi harga kebutuhan peternakan, fluktuasi harga jual, dan ancaman serangan penyakit.

Harga kebutuhan produksi peternakan yang biasanya meningkat antara lain DOC, pakan, dan obat-obatan. Ketiga bahan tersebut merupakan hal krusial yang harus dipenuhi sehingga kenaikan yang terjadi bisa berdampak langsung pada keuntungan peternak. Ayam broiler membutuhkan perlakuan yang sempurna, baik dari jenis makanan, pencegahan penyakit, maupun saat panen.

Pemeliharaan ayam broiler berlangsung cukup singkat, hanya sekitar 30–35 hari. Namun, ayam perlu diberikan perawatan intensif karena broiler tidak sekuat ayam kampung.

Dalam dunia ekonomi, fluktuasi harga yang terjadi pada kebutuhan produksi dan harga jual dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran. Umumnya, permintaan dipengaruhi oleh budaya masyarakat, kebiasaan, dan isu penyakit.

Di Indonesia, permintaan daging ayam biasanya akan meningkat ketika ada momen hari raya atau bulan di mana banyak masyarakat yang melangsungkan pesta. Namun, di luar momen tersebut, permintaan cenderung menurun. Ini yang disebut permintaan dipengaruhi oleh budaya.

Selain itu, masyarakat di Indonesia masih terbiasa mengonsumsi daging segar sehingga permintaan daging segar lebih tinggi dibandingkan daging beku. Berbeda dengan negara-negara maju yang sudah terbiasa mengonsumsi daging beku. Padahal, daging segar hanya bisa bertahan sebentar sehingga rentan rusak bila tidak cepat habis. Itu sebabnya penjualan daging ayam sendiri masih sering mengalami kendala.

Baca Juga:  Kiat Mendapatkan Sapi Perah yang Unggul

Terakhir, permintaan daging ayam sering dipengaruhi oleh isu penyakit, seperti flu burung. Apalagi, ketika isu tersebut sedang naik ke permukaan.

Selain fluktuasi harga, Anda juga harus memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar. Lingkungan di sekitar kandang harus rutin dibersihkan dan dikontrol dari predator-predator berbahaya. Penyakit sering muncul karena kondisi lingkungan di sekitar kandang kotor.