Robot Pemikat untuk Memancing Kehadiran Walet ke Rumah Walet

Pertanianku— Mengundang koloni burung walet masuk dan bersarang di dalam rumah walet memerlukan bantuan alat yang mengeluarkan suara sehingga mampu memancing kehadiran walet. Robot pemikat walet merupakan salah satu cara untuk memancing kehadiran walet.

robot pemikat
foto: pertanianku

Semakin banyaknya jumlah rumah wallet, persaingan antarpeternak walet untuk memancing kedatangan walet akan semakit ketat. Tweeter merupakan alat pancing yang mengeluarkan suara seperti burung walet. Semakin banyaknya pengguna tweeter, para peternak akan semakin sering adu keras volume untuk memancing walet hinggap di rumahnya. Hal tersebut malah mengusik ketenangan lingkungan.

Untuk mengurangi kejadian seperti itu, Anda dapat mengefektivitaskan pemanggilan dengan cara memasang kertas tebal menyerupai burung walet dan ditempelkan di pintu masuk rumah walet. Kertas diberi per agar saat tertiup angin kertas bergerak seperti burung walet asli. Cara itu kerap menarik perhatian walet.

Loading...

Cara lain yang lebih canggih adalah dengan menggunakan robot pemikat walet elektrik. Robot terbuat dari awetan burung walet sehingga ukurannya menyerupai ukuran walet asli. Ukuran yang sama dengan walet asli membuat robot pemikat walet ini mudah diterima oleh koloni burung walet.

Untuk meningkatkan efektivitas robot ini, Anda harus memasang tweeter di bawah sarang robot walet. Gerakan robot dapat diatur dengan adaptor 12 volt yang sudah terhubung oleh jaringan listrik. Setiap satu adaptor mampu mengendalikan 2 unit robot walet. Adaptor tersebut berfungsi mengatur kecepatan sayap robot berdasarkan tegangan listrik. Semakin tinggi tegangan, kepakan sayap akan semakin cepat.

Robot dapat diletakkan pada sisi kanan dan sisi kiri pintu masuk rumah walet. Robot dapat diatur ritme gerakannya dengan diberi timer, agar ia dapat bergerak pada waktu-waktu tertentu yang sudah ditentukan. Misalnya, pada sore hari saat burung walet sudah mencari makan dan hendak pulang ke sarang.

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Walet yang sedang terbang akan tertarik melihat pergerakan dan suara robot sehingga akan mendekat. Robot juga dapat dipasang di ruang sarang. Berdasarkan percobaan yang sudah dilakukan, penggunaan robot terbukti efektif menarik perhatian burung walet. Burung walet akan mendekat dengan mudah tanpa merasa asing.

Perawatan robot ini terbilang cukup mudah, hanya perlu dibersihkan dan diberi pelumas setiap sebulan sekali. Saat pertama kali digunakan, siram robot dengan aroma sarang walet agar robot tersebut semakin mirp dengan burung walet. Jika walet mulai terusik dengan kehadiran robot, hentikan penggunaan robot jangan sampai mengganggu kenyamanan walet yang sudah berada di rumah walet.

Loading...
Loading...