Roof Garden, Ini Tanaman yang Harus Anda Pilih

Pertanianku — Ketiadaan lahan untuk bertanam membuat sebagian orang memilih bertanam di tempat-tempat yang tidak umum. Salah satunya adalah menggunakan bagian atap hunian sebagai lahan bertanam. Cara bertanam seperti ini dikenal juga sebagai roof garden. Ingin mencoba? Sebelumnya Anda perlu tahu jenis tanaman yang cocok untuk roof garden.

tanaman yang cocok untuk roof garden
Foto: freepik

Tak perlu lahan yang luas, Anda dapat melakukannya di atas hunian Anda secara sederhana. Bertanam di atap ini akan memberikan kesan asri yang mirip dengan roof garden yang ada di hotel-hotel mewah. Syaratnya adalah menemukan jenis tanaman yang cocok untuk roof garden dengan tepat karena tidak semua tanaman dapat ditanam di atap hunian Anda.

Tahan sinar matahari

Loading...

Tahan sinar matahari merupakan syarat mutlak dari tanaman yang cocok untuk roof garden. Tanaman yang ditanam di atap akan terpapar sinar matahari lebih banyak daripada tanaman yang ditanam di lahan atau di dalam ruangan. Oleh karena itu, coba pikirkan ulang bila Anda ingin membudidayakan anggrek sebagai tanaman roof garden.

Beberapa jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah banyak antara lain palem, sikas, bougenville, dan pucuk merah. Jenis tanaman ini tidak akan terganggu dengan banyaknya sinar matahari dan justru akan semakin subur bila sinar matahari semakin banyak.

Tanaman berakar langsing

Akar tanaman yang tidak membesar penting sebagai pertimbangan memilih tanaman yang cocok untuk roof garden. Akar yang membesar dapat merusak dinding dan atap hunian Anda sehingga rawan membahayakan tempat yang Anda tinggali.

Jenis tanaman berakar langsung ini sangat banyak. Misalnya kamboja, cemara udang, jeruk, kembang sepatu, dan tanaman belimbing. Pastikan untuk mengecek kondisi tanaman tiap bulan. Bila bagian akar tumbuh terlalu lebat, hal ini bisa berpotensi merusak hunian Anda.

Tanaman berbatang lunak

Selain akar, batang juga perlu diperhatikan dalam mencari tanaman yang cocok untuk roof garden. Sebaiknya, pilih tanaman dengan pertumbuhan yang lambat dan bentuk batang yang lunak. Jenis tanaman ini antara lain pandan, lidah mertua, lili paris, jade plant, dan kucai mini.

Biasanya, semakin sering suatu tanaman terkena paparan matahari, medianya akan lebih cepat kering. Mineral pun akan lebih cepat terserap. Akibatnya, tanaman ini membutuhkan lebih banyak pupuk dan air ketimbang tanaman di lahan.

Loading...
Loading...