Ruang Dalam Bank Miselium Untuk Biakan Jamur

Pertanianku – Bank miselium yang ideal harus dilengkapi dengan peralatan penyimpanan (inkubator) yang baik. Alat tersebut harus mampu menyimpan biakan agar selalu tetap dalam kondisi seperti pada awal penyimpanan. Inkubator ini cukup mahal harganya.

Ruang Dalam Bank Miselium Untuk Biakan Jamur

Namun, juga dapat diusahakan bank miselium sederhana dengan peralatan yang relatif lebih murah. Bangunan bank miselium atau laboratorium tersebut terdiri dari ruangan-ruangan sebagai berikut.

Loading...

1) Ruang isolasi berukuran minimum 3 m x 3 m yang dilengkapi dengan kotak isolasi, meja, dan lampu UV (ultraviolet).

2) Ruang inkubasi berukuran 4 m x 4 m yang dilengkapi dengan rak-rak, meja panjang, beberapa lemari pendingin (refrigerator), dan pengatur suhu ruang (air conditioner/AC).

3) Ruang beratap terbuka dan cukup luas untuk mempersiapkan media tumbuh atau kompos.

4) Ruang kecil berukuran 4 m x 4 m yang berfungsi sebagai tempat membuat media, sterilisasi, mencuci, dan menyimpan peralatan. Sebaiknya tempat ruangan ini dilengkapi dengan cerobong asap karena berfungsi sebagai dapur untuk membuat media. Saluran air dan tempat pembuangan limbah pun perlu diperhatikan karena di dalam bank miselium atau laboratorium pembibitan tersebut seseorang harus bekerja seaseptik mungkin untuk mencegah kontaminasi. Tempat pembuangan limbah atau saluran air yang tidak berfungsi baik dapat menjadi sumber kontaminasi. Biakan murni atau bibit yang terkontaminasi dapat menggagalkan keseluruhan budi daya jamur. Selain itu, di dalam ruangan ini pun perlu dilengkapi dengan kamar mandi kecil untuk shower. Kamar mandi ini penting disediakan karena kemungkinan terjadinya kecelakaan oleh zat kimia tidak dapat dihindari.

5) Bila memungkinkan, area untuk pengujian penanaman sebaiknya disediakan di sekitar bangunan. Bila tidak memungkinkan, area pengujian penanaman ini dapat ditempatkan di lokasi terpisah.

 

Sumber: Buku Budidaya Jamur Merang

 

 

Baca Juga:  Waspada! Serangga Biji Kakao Menyerang Saat Penyimpanan

 

Loading...
Loading...