Rumput Laut, Komoditas Masa Depan yang Mudah Dibudidayakan

Pertanianku Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan yang dikembangkan untuk mendukung perekonomian masyarakat. Komoditas ini terus berkembang dengan pesat, terutama di kawasan timur Indonesia.

 rumput laut
foto: pexels

Wilayah yang sudah berhasil mengembangkan komoditas ini antara lain Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua. Masih banyak informasi menarik dari komoditas rumput laut yang perlu Anda ketahui, simak ulasannya berikut ini.

Komoditas masa depan

Sekilas rumput laut memang hanya terlihat seperti batang-batang tanaman kecil, padahal di balik bentuk fisiknya, komoditas ini menyimpan sejuta manfaat yang sudah ditemukan dan masih terus diobservasi oleh para ahli. Saat ini komoditas perikanan dan kelautan ini sudah digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi industri pangan dan nonpangan.

Manfaat komodtas ini di antaranya bahan campuran kertas, bahan cat, finishing kulit, pakan ternak, es krim, pengental sirup, bahan pembuat gigi, pelembap, sampo, dan lain-lain.

Selain itu, ada beberapa produk turunan yang dihasilkan oleh beberapa jenis rumput laut tertentu yang mengandung agar-agar, alginat, dan karaginan. Oleh karena itu, bisa dipastikan perkembangan budidaya komoditas ini dapat berkembang pesat.

Pemeliharaan mudah dan murah

Agribisnis rumput laut ibaratnya seperti ternak ayam potong, yaitu untung besar dan perputarannya cepat. Apalagi, permintaan pasokan komoditas perikanan dan kelautan ini dalam keadaan kering sebagai sumber karaginan dan keratin untuk bahan baku obat-obatan serta kosmetik cenderung meningkat sepanjang tahun.

Salah satu faktor yang memengaruhi pesatnya perkembangan budidaya rumput laut adalah kemudahan cara pemeliharaannya. Selain itu, biaya yang dibutuhkan juga tidak begitu besar dibanding budidaya ikan di keramba.

Pemilihan lokasi untuk budidaya juga tidak begitu sulit, Anda hanya harus jeli memperhatikan teknis ataupun kondisi geografis. Apabila dipadukan antara ketekunan dalam merawat dan lokasi yang tepat, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan hasil panen yang sesuai dengan harapan.

Baca Juga:  Peternak Lele Wajib Tahu Kriteria Pakan Lele yang Berkualitas

Masih banyak info agribisnis lainnya seputar rumput laut yang dibahas oleh buku Agribisnis Rumput Laut. Buku ini cocok sebagai sumber referensi Anda untuk mengembangkan usaha budidaya rumput laut. Segera dapatkan buku ini dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.