Rutin Makan Buncis Bisa Menambah Energi


Pertanianku — Selain bayam, buncis juga merupakan sayuran murah bernutrisi. Rutin makan buncis bisa menambah energi, menyehatkan tulang, bahkan jantung.

rutin makan buncis bisa menambah energi
Pixabay

Sayuran yang termasuk dalam polong-polongan seperti buncis dan kacang panjang sering dikonsumsi karena harganya murah dan mudah didapat. Selain itu, sayuran ini juga mudah diolah jadi beragam hidangan.

Mengonsumsi buncis bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Buncis tinggi kandungan vitamin A, C, dan K. Sayuran murah ini juga merupakan sumber asam folat dan kalsium pelindung jantung yang baik.

Seperti dikutip dari NDTV, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsi buncis.

  1. Penambah energi

Kandungan zat besi pada buncis dua kali lipat lebih banyak dibanding bayam. Zat ini adalah komponen sel darah merah yang penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru menuju sel-sel yang ada di seluruh tubuh.

Karena itu, buncis sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia dan mereka yang memiliki metabolisme rendah.

  1. Menguatkan tulang

Vitamin K yang berlimpah dalam buncis dapat mengaktifkan osteocalcin yang merupakan protein non-kolagen utama yang ditemukan di tulang. Senyawa ini mengunci molekul kalsium di dalam tulang sehingga memperkuat tulang dari dalam.

  1. Menyehatkan jantung

Buncis tinggi kandungan kalsium dan flavonoid yang baik untuk melindungi jantung. Flavonoid adalah anti-oksidan polifenol yang biasa ditemukan pada buah dan sayuran. Tingginya jumlah flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat besar seperti mengatur aktivitas trombotik di dalam sel dan mencegah gumpalan darah di arteri.

  1. Cegah radikal bebas

Radikal bebas dapat memengaruhi komponen sel penting dalam tubuh dengan mengganggu fungsi bahkan menyebabkannya mati. Selain itu, juga dapat memicu penyakit jantung dan kanker.

Untuk cegah kerusakan akibat radikal bebas, tubuh memiliki sistem pertahanan anti-oksidan. Buncis mengandung anti-oksidan tinggi sehingga konsumsinya bisa membantu untuk mencegah hal tersebut.

  1. Efek detoks
Baca Juga:  Yuk, Bertanam Kecipir dan Rasakan Manfaatnya!

Buncis memiliki sifat diuretik yang kuat sehingga bisa digunakan untuk detoks. Detoks penting guna membersihkan tubuh dari racun yang tidak diinginkan.

  1. Sehatkan kulit, rambut, dan kuku

Buncis mengandung jenis silikon yang mudah diserap tubuh. Jenis silikon ini penting untuk pembentukan jaringan ikat yang sehat, serta memperkuat kuku dan meningkatkan kesehatan kulit.

  1. Penglihatan

Kaya akan karotenoid, buncis berperan efektif dalam mencegah degenerasi macula, yaitu kondisi yang menyebabkan penurunan fungsi penglihatan dan mata. Buncis juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang berguna bagi penglihatan di malam hari dan menjaga penglihatan tetap baik.

loading...
loading...