Inilah Saat yang Tepat Panen Cacing Sutera


Pertanianku – Setelah produksi berjalan dengan lancar, saatnya menunggu waktu panen. Cacing sutera yang diproduksi sejak bibit dapat mulai dipanen setelah 50—57 hari. Namun, panen berikutnya pada satu wadah dapat dilakukan setiap 7—10 hari sekali. Namun, untuk mendapatkan panen yang ideal dengan kapasitas yang sesuai, diperlukan manajemen panen yang baik sehingga cacing sutera bisa dipanen setiap hari. Hal itu terkait dengan kebutuhan para breeder ikan akan cacing sutera yang cukup tinggi dan harus setiap hari. Dengan demikian, keuntungan yang didapat juga bisa setiap hari.

Saaatnya Panen Si Rambut Merah

Memanen cacing sutera sangat mudah, yakni diambil dengan seser atau tangan beserta medianya, lalu diletakkan ke dalam wadah dan dicuci bersih. Panen sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan tidak mengambil seluruh populasi cacing sutera di setiap wadah, tetapi disisakan sebagai bibit pada pemeliharaan berikutnya. Pelaksanaan panen total hanya dilakukan jika kondisi tanah dan medianya tidak cukup lagi untuk menyediakan makanan sehingga perlu dilakukan perombakan total.

Keadaan ini dapat diketahui setelah perkembangan cacing sutera terlihat lambat. Untuk produksi lebih lanjut setelah panen total, semua media harus dibongkar dan diganti dengan yang baru. Wadah budi daya cacing sutera yang siap dipanen akan dicirikan dengan media pemeliharaan yang terasa kenyal bila dipegang dan berwarna agak kemerahan. Hal itu menandakan bahwa koloni cacing sutera yang ada di dalamnya sudah tumbuh banyak.

 

Sumber: Buku Beternak Cacing Sutera Secara Modern

 

Baca Juga:  Domba Garut, Komoditas Unggulan Kebanggaan Nasional