Saatnya Mengulik Khasiat Undur-undur


Pertanianku — Undur-undur adalah jenis serangga yang hidup di dalam tanah. Khasiat undur-undur sudah tidak diragukan lagi. Binatang yang berukuran kecil ini mampu mengobati diabetes hingga mengurangi tekanan darah tinggi.

khasiat undur-undur
Google Image

Bentuk tubuh undur-undur yang kecil terdiri atas kepala, badan, sayap, dan kaki. Badannya berbentuk elips dengan ukuran sepuluh kali lipat lebih besar daripada ukuran kepalanya.

Undur-undur termasuk hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Saat kecil, undur-undur berjalan mundur dan belum bisa terbang. Namun setelah dewasa, mereka akan berjalan maju dan akan bisa terbang seperti capung.

Undur-undur mempunyai kandungan zat sulfonylurea yang bermanfaat bagi kesehatan. Zat tersebut bermanfaat untuk melancarkan sistem kerja pankreas serta memproduksi zat insulin.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat undur-undur bagi kesehatan manusia.

  1. Mengobati penyakit diabetes

Di Cina, undur-undur digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat dalam mengobati penyakit diabetes. Caranya, yaitu dengan menjadikannya sebagai serbuk yang kemudian serbuk tersebut dimasukkan dalam kapsul.

Kandungan zat sulfonylurea yang terdapat dalam tubuh undur-undur akan bekerja melancarkan sistem kerja pankreas untuk memproduksi hormon insulin. Hormon insulin ini yang akan menyebabkan kadar gula dalam darah dapat menurun sehingga terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Mengobati stroke

Unudur-undur telah terbukti sangat baik untuk mengobati penyakit stroke. Stroke merupakan penyakit yang terkenal susah diobati. Penyakit ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pada otak. Hal ini akan menimbulkan gejala kelumpuhan, gangguan emosional, hilangnya indra perasa, serta perubahan mental.

  1. Mengobati darah tinggi

Zat yang terkandung di dalam undur-undur mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini terjadi karena naiknya tensi darah yang melebihi batas normal.

  1. Mengobati asma
Baca Juga:  Buah-Buahan Ajaib Ini Bisa Cegah Kanker

Penyakit asma merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Gejalanya antara lain dada terasa sempit dan susah untuk bernapas. Asma terjadi karena ada pembengkakan pada paru-paru. Otot dinding saluran pernapasan menyempit dan menghasilkan banyak lendir.

Penyakit asma tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol. Undur-undur bisa membantu memperbaiki pembengkakan yang terjadi pada paru-paru sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit asma.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah

Kolesterol di dalam tubuh yang berlebihan akan membahayakan kesehatan. Kolesterol bersumber dari dua hal, yaitu makanan dan hasil produksi hati. Dalam hal ini, undur-undur mampu bekerja mengurangi produksi zat lipid di dalam hati sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.

loading...
loading...