Sakit Cacar pada Ikan Gurami

Pertanianku Sakit cacar menjadi penyebab kematian yang sangat tinggi pada ikan gurami. Bahkan, penyakit ini kerap disebut sebagai penyakit utama yang menjadi momok bagi pembudidaya gurami.

sakit cacar
foto: Pertanianku

Ikan gurami yang sudah terserang sakit cacar akan terlihat berenang di permukaan dan berputar-putar. Ikan yang sakit akan memisahkan diri dari kelompok dan pergerakannya terlihat melambat. Pada bagian permukaan tubuh ikan terlihat bercak merah seperti penyakit cacar umumnya.

Jika tanda-tanda tersebut sudah tampak pada ikan gurami, ikan tersebut perlu cepat-cepat diangkat dari kolam. Selanjutnya, Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan untuk melindungi ikan yang masih sehat.

Langkah pencegahan dilakukan dengan menyurutkan air kolam hingga ketinggiannya menjadi 20—30 cm. Selanjutnya, masukkan alang-alang yang sudah diikat pada sebilah bambu, tancapkan alang-alang tersebut ke bagian dasar kolam. Selama tindakan pencegahan, Anda harus menghentikan pemberian pakan buatan untuk mencegah kondisi semakin parah.  Langkah terakhir, masukkan daun-daunan yang cepat membusuk ke dalam kolam, seperti daun ki pahit.

Langkah pencegahan ini harus dilakukan selama satu minggu berturut-turut untuk mencegah penyebaran penyakit. Setelah satu minggu, air baru bisa dimasukkan kembali ke kolam hingga kedalamannya kembali seperti semula. Pengisian air sebaiknya dilakukan pada sore hari.

Untuk menekan angka kematian karena serangan penyakit, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan garam dapur dengan dosis 20—25 ppm atau sekitar 1 sendok makan garam untuk 20 liter air. Pemberian garam dilakukan setiap minggu. Selain itu, jaga kondisi kolam agar tetap bersih dan bebas dari serangan hama dan benda asing yang dapat mengontaminasi kolam.

Anda juga bisa mencegah penyakit pada ikan gurami dengan menerapkan cara panen yang benar. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Penangkapan perlu dilakukan secara hati-hati dengan menggunakan seser berbahan halus.

Baca Juga:  Teknik Pemijahan Ikan Lele Secara Alami

Sebelum ditangkap, masukkan daun pisang kering ke kolam sebagai tempat ikan berlindung. Biasanya, ikan akan berkumpul di bawah daun-daun tersebut sehingga Anda dapat lebih mudah menangkap ikan tanpa melakukan kekerasan.