Salad Bunga, Selain Lezat juga Bermanfaat untuk Kecantikan


Pertanianku — Salad identik dengan sayuran atau buah, namun kini ada inovasi, yaitu salad bunga. Seperti apa rasanya dan bunga apa saja yang bisa dijadikan salad?

salad bunga
Foto: Shutterstock

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat salad bunga, yakni memilih edible flower (bunga yang bisa dikonsumsi), salah satunya bunga telang. Mengutip Majalah Trubus, bunga telang umumnya dimanfaatkan untuk kesehatan mata atau merangsang pertumbuhan rambut. Akan tetapi, di tangan Arini Suwarli, bunga telang justru dijadikan salad dengan campuran bunga turi dan bunga pisang atau jantung. Ia mengiris jantung pisang dengan bentuk melintang sehingga ukurannya jadi kecil.

Sementara untuk bumbunya, Arini membuat dengan bahan baku irisan bunga kecombrang, lemon, cabai, garam, minyak kelapa, dan gula semut. Setelah semuanya jadi, ia kemudian menyiramkan bumbu ke atas bunga dan mengaduknya agar tercampur secara merata. Menurut Arini, cita rasa salad bunga itu lezat.

Ia menjelaskan, kandungan gizi bunga-bunga mentah dalam salad itu tetap tinggi. Proses pengukusan atau perebusan justru menyebabkan kandungan gizinya berkurang. Karena gaya hidupnya yang menerapkan konsumsi pangan mentah itu, di halaman rumah Arini tumbuh beragam tanaman bunga seperti talang, turi, mawar, dan torenia yang silih berganti berbunga.

Arini menerangan bahwa bunga telang kaya akan anti-oksidan yang ampuh mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, mengatasi flu, mengobati masalah saluran pernapasan, bahkan melancarkan pencernaan. Adapun bunga turi kaya senyawa protein, serat kasar, karbohidrat, vitamin C, dan flavonoid.

Selain menyajikan salad bunga, ia juga mengombinasikannya dengan buah seperti melon dan semangka untuk menambah variasi. Buah dipotong dadu, kemudian ditaburi bunga di atasnya dan menyiramkan bumbu salad yang ia olah sendiri.

Menikmati salad buah bercampur bunga dengan bumbu khas bunga kecombrang memberikan sensasi yang berbeda. Arini bahkan menyajikan salad bunga itu bukan hanya untuk dirinya sendiri dan keluarga. Sejak 2017, ia juga memberi kesempatan kepada para penggemar salad untuk turut menikmati sajiannya itu di kafe yang ia dirikan di Kemang, Jakarta Selatan.

Baca Juga:  Daging Kambing Penyebab Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?