Salah Beli Bibit Durian, Tak Kunjung Berbuah

Pertanianku — Tanaman buah durian yang tidak kunjung berbuah tidak selalu disebabkan oleh kesalahan teknik perawatan. Penyebabnya bisa saja karena bibit durian yang Anda gunakan tidak bagus sehingga menghasilkan tanaman yang tidak bisa berbuah. Oleh karena itu, jangan hanya tergiur dengan harga bibit yang murah, tetapi tidak memerhatikan kualitas bibit yang dijual.

bibit durian
foto: Pertanianku

Agar Anda tidak mendapatkan bibit yang jelek, berikut ini beberapa tips mendapatkan bibit durian berkualitas dan dijamin 90 persen berbuah. Sementara itu, sebanyak 10 persennya didukung oleh teknik serta usaha Anda dalam menanam bibit tersebut.

Asal varietas jelas, tercatat, dan bersertifikat

Langkah pertama saat Anda membeli bibit durian adalah menanyakan jenis varietas bibit dan pohon induk bibit tersebut. Pastikan varietas bibit yang dipilih merupakan varietas bagus, memiliki keunggulan, dan telah tercatat serta tersertifikasi.

Selain varietas, Anda juga harus memastikan bibit tersebut berasal dari pohon induk yang sudah pernah berbuah. Pasalnya, bibit vegetatif yang banyak dijual di toko-toko pertanian memiliki sifat yang sama dengan pohon induk. Jika pohon induk dapat berbuah, kemungkinan besar bibit tersebut mampu menghasilkan pohon yang berbuah.

Umur bibit

Gunakan bibit yang sudah berumur enam bulan setelah sambungan atau okulasi. Jangan gunakan bibit yang terlalu muda atau terlalu tua untuk mendapatkan pohon yang maksimal.

Jumlah daun

Kualitas bibit juga bisa dilihat melalui jumlah daun yang tersedia. Bibit durian yang bagus digunakan biasanya sudah memiliki daun minimal delapan helai.

Kondisi fisik

Seleksi bibit harus dilakukan dari kondisi fisik bibit. Pastikan bibit yang dipilih memiliki batang dan cabang yang terlihat mulus serta kokoh. Batang utama tampak lurus dan tumbuh tegak. Sementara itu, bagian cabang terlihat tumbuh ke segala arah secara merata. Diameter batang utama berukuran 1—1,5 cm. Jika bibit tersebut merupakan bibit sambungan atau okulasi, tinggi sambungan sekitar 20—25 cm dengan batang atas sepanjang 40 cm.

Baca Juga:  Teknik Pengairan Tanaman Buah Naga yang Benar

Pastikan juga bibit yang dipilih terbebas dari serangan hama, dan penyakit, terutama Phytophtora.

Untuk mendapatkan bibit durian berkualitas dan dijamin 90 persen berbuah, Anda bisa langsung mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Selama Januari ini ada potongan harga 20 persen untuk bibit durian unggul di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan berbagai keperluan bercocok tanam, mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.

 


loading...