Salak Tingkatkan Imun Pada Tubuh


Pertanianku – Salak merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia. Selain rasanya yang manis, salak memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, bisa meningkatkan sistem kekebalan atau imun pada tubuh. Salak mengandung senyawa polifenol dan flavonoid. Kandungan tersebut mempunyai efek antikanker dan dapat mengaktifkan respons imun dalam tubuh.

Salak Tingkatkan Imun Pada Tubuh

Potensi buah salak sebagai imunomodulator untuk membantu meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Nurwachid melakukan penelitian untuk mengetahui efek ekstrak buah salah terhadap aktivitas makrofag atau sel imun. Penelitian tersebut dilakukan bersama empat temannya yang juga berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (FK UGM), yaitu Shahylananda Tito Yuwono, Danang Aryo Pinuji, Farah Uma Mauhibah, dan Dery Rahman Ahaddienata di bawah bimbingan Prof. Dr. Mae Sri Hartati Wahyuningsih, M.Si., Apt.

Dalam penelitiannya mereka menggunakan salak pondoh yang dibuat menjadi ekstrak dengan menambahkan etanol sebagai pelarut. Dari empat kilogram salak diperoleh sebanyak 219 gram hasil ekstraksi.

Percobaan dilakukan menggunakan sel makrofag dari 16 ekor mencit. Setelah ekstrak buah salak diuji pada makrofag ternyata, dapat meningkatkan imun. Hasil observasi dan analisis aktivitas fagositosis makrofag dan produksi Nitric Oxide pada mencit diketahui ekstrak buah salak ini mampu meningkatkan sistem imun.

Dari hasil uji fagosistas makrofag terbukti dapat meningkatkan imun. Sementara itu, uji Nitric Oxide menunjukkan pemberian ekstrak salak dapat meningkatkan imun dalam dosis tinggi, sedangkan pemberian dalam dosis rendah akan menurunkan imun.

“Kami berikan dosis ekstrak salak dalam tiga konsentrasi, yaitu 25 µg/ml, 50 µg/ml, dan 100 µ/ml. Hasil optimal terlihat pada konsentrasi tertinggi, yaitu 100 µ/ml,” ungkapnya.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian awal, belum diujikan ke hewan ataupun manusia. Menurutnya, masih diperlukan berbagai uji praklinik lainnya, seperti uji farmakologis, toksisitas, dan lainnya. “Dari uji in vitro telah diketahui salak mampu memodulasi sistem imun, tetapi masih diperlukan penelitian lanjutan ke depannya.

Baca Juga:  Rahasia di Balik Manfaat Seledri yang perlu Anda Ketahui

Buah ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif obat peningkat sistem kekebalan tubuh. Dengan memanfaatkan, salak yang jumlahnya melimpah di Indonesia, diharapkan akan dapat mengurangi ketergantungan tehadap obat-obatan impor peningkat imun pada tubuh.

loading...
loading...