Salam

Salam

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Eugenia polyantha Wight atau Syzygium polyanyhum (Wight) Walp.
  2. Nama daerah : salam (Madura); salam, ubar serai (Melayu); salam, manting (Jawa); salam, gowok (Sunda), kastolam (Kangean).
  3. Nama asing : salam leaf (Inggris)

B. Kandungan Kimiawi dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia salam, antara lain minyak asiri 0,05% terdiri atas sitral, eugenol, tanin, dan flavonoid. Anggota famili Myrtaceae itu memiliki sifat rasa kelat, wangi, astrigen, dan memperbaiki sirkulasi.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, kulit batang, buah, dan akar untuk mengobati beragam penyakit berikut ini.

  1. Diare

Cuci bersih 7 g daun salam segar. Rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambahkan garam secukupnya ke dalam ramuan. Saring ramuan setelah dingin dan minum sekaligus.

  1. Kencing manis

Ambil 11 daun salam segar dan 30 g daun ciplukan, lalu cuci bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, segera saring dan minumlah 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

  1. Gatal-gatal (pruitis)

Cuci bersih daun, kulit batang, atau akar, lalu giling halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa atau VCO ke dalam bahan sampai jadi adonan seperti bubur. Balurkan ramuan di tempat yang sakit.

  1. Maag

Cuci bersih 17 lembar daun salam segar. Rebus bahan dengan ½ liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya ke dalam rebusan. Saring ramuan setelah dingin. Minum ramuan sebagai teh setiap hari. Ulangi pengobatan hingga rasa perih di lambung hilang.

  1. Mabuk alkohol

Cuci bersih segenggam buah salam masak, lalu tumbuk sampai halus. Peras, lalu saring hasil tumbukan. Minum ramuan sekaligus.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

Baca Juga:  Inilah Makanan Penghasil Zat Besi Selain Daging

 

Loading...