Salmon dan Tuna, Mana yang Lebih Menyehatkan?


Pertanianku — Konsumsi ikan memang sangat penting untuk pemenuhan gizi seimbang yang diperlukan tubuh. Salmon sering disebut-sebut sebagai ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Namun bagaimana dengan ikan tuna? Salmon dan tuna, di antara kedua ikan tersebut, mana yang lebih menyehatkan?

salmon dan tuna
Foto: Pixabay

Karen Ansel, R. D., dari Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan bahwa ikan salmon dan tuna adalah ikan terbaik dalam menu makanan. Itu karena kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Namun ternyata, ikan salmon memiliki kalori yang lebih banyak dubanding ikan tuna, yaitu 1,4 kalori. Kalori ini bisa menjadi sumber energi bagi Anda. Jadi, tidak masalah jika dikonsumsi oleh Anda yang banyak bergerak. Kalori salmon juga baik untuk pembentukan otot.

Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin B6 dan B12 yang membantu untuk melepaskan energi dari makanan yang kita makan.

Apabila salmon memiliki kalori lebih banyak, maka ikan tuna justru mengandung protein yang lebih banyak daripada ikan salmon. Dalam 100 gram ikan tuna, terdapat protein 23,4 gram, sedangkan pada salmon hanya19,8 gram. Protein diketahui dapat menjadi nutrisi yang baik untuk otot, tulang, dan otak.

Terkait kandungan omega-3, untuk setiap 100 gram ikan salmon terdapat kandungan omega-3 sebesar 2,018 mg, sedangkan ikan tuna memiliki 243 mg. Omega-3 ini penting untuk membantu meredakan peradangan yang terjadi sehingga pemulihan pasca sakit bisa jadi lebih cepat.

Jika Anda ingin mengonsumsi ikan jenis apa pun, sebaiknya masih dalam keadaan segar agar Anda bisa mendapatkan nutrisi baik yang ada pada ikan secara utuh.

Perlu diketahui bahwa salmon adalah jenis ikan yang berada di samudra bersuhu dingin dan subtropis, sehingga jauh dari Indonesia. Karena itu, Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan salmon karena butuh waktu untuk membawanya ke Indonesia.

Baca Juga:  Tips Ampuh Atasi Sifat Kanibalisme Ikan Lele

Nah, setelah mengetahui perbedaan kandungan nutrisi salmon dan tuna, dapat disimpulkan bahwa ternyata setiap ikan punya kelebihannya masing-masing. Tentu saja konsumsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.