Sambung Nyawa

Sambung Nyawa

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Gynura procumben Back.
  2. Nama daerah : daun dewa, ngokilo (Jawa); daun dewa (Melayu)
  3. Nama asing : she juan jao atau fujung jao (Cina)

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Loading...

Kandungan Idmia daun dewa, antara lain alkoloid, saponin, flavonoid, dan tanin. Tumbuhan ini bersifat dingin dan netral. Khasiatnya antara lain antineoplastik dan penurun tekanan darah.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun untuk mengatasi berbagai penyakit seperti berikut ini.

  1. Tekanan darah tinggi

Ambil 4 daun segar (untuk anak-anak) atau 7 lembar (dewasa), lalu cuci bersih. Konsumsi daun mentah sebagai lalap. Daun itu juga dapat dijus, ditumis, atau dikukus sebentar sebelum dikonsumsi.

  1. Kolesterol tinggi

Cuci bersih 3 daun segar, lalu konsumsi sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus untuk diminum. Hindari makanan berlemak bagi penderita penyakit ini.

  1. Tumor

Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapan setiap hari secara  teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus untuk diminum. Bagi penderita, hindari ikan asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkong, nangka, es, alkohol, tapai, limun, dan penyedap masakan.

  1. Diabetes melitus, lever, dan wasir

Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus untuk diminum. Bagi penderita, hindari makanan berlemak. Khusus untuk penderita wasir, hindari daging kambing dan makanan pedas.

  1. Radang pita tenggorok dan sinusitis

Ambil 4 daun segar (untuk anak-anak) atau 7 lembar (dewasa), lalu cuci bersih. Konsumsi daun mentah sebagai lalap. Daun itu juga dapat dijus, ditumis, atau dikukus sebentar sebelum dikonsumsi.

  1. Maag
Baca Juga:  Hand Sanitizer dan Obat Kumur Daun Sirih

Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus. Penderita harus menghindari makanan pedas dan asam.

  1. Kena bisa ular dan semut hitam

Lima lembar daun segar dicuci bersih, lalu ditumbuk halus. Tambahkan sedikit air ke dalam tumbukan hingga menjadi adonan. Gosokkan dan balurkan ramuan di bagian tubuh yang terkena bisa ular atau bagian tubuh yang gatal. Lakukan pengobatan 2 kali dengan interval 2 jam.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 

Loading...
Loading...