Sangkar yang Baik untuk Burung Pleci


Pertanianku – Di pasaran dijual berbagai jenis dan ukuran sangkar. Namun, untuk kacamata yang ukurannya kecil nan mungil, harus dipilih sangkar yang pas dan cocok, baik menyangkut bentuk serta ukurannya. Dengan demikian, pleci mania harus mengerti dan memahami karakteristiknya sehingga pleci merasa aman dan nyaman tinggal di dalamnya. Jadi, sangkar tidak bisa dipilih sembarangan.

Karakter dan Kelemahan Pleci

Berdasarkan seorang ahli burung bernama Prof. Hediger, burung yang dipelihara dalam sangkar akan menganggap sangkar sebagai tempat tinggalnya. Sama halnya dengan pleci, sangkar yang akan digunakan pun harus sesuai dengan keinginan pleci itu sendiri, bukan keinginan pemelihara. Bahkan, sangkar yang akan digunakan sebaiknya diteliti terlebih dahulu, kalau perlu dicat agar lebih menarik sehingga dapat mempertontonkan keindahan bulu dan perilakunya.

  1. Bentuk segi empat lebih baik

Bagi para pleci mania, sangat dianjurkan untuk menggunakan sangkar berbentuk segi empat. Kenapa lebih memilih segi empat daripada lingkaran? Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Orientasi burung diudara sama seperti halnya dengan manusia yang tergantung sepenuhnyapada garis batas yang dapat terlihat oleh mata. Untuk alasan tersebut,suatu garis batas demarkasi di udara terbuka yang mengitari burung secara vertikal dan horizontal harus dapat membuatnya merasa nyaman.

Hal tersebut hanya bisa didapat burung dari penggunaan sangkar segi empat. Lain halnya dengan sangkar berbentuk bulat, ke mana pun burung berputar dan memandang, yang dilihatnya hanya batas ruang melingkar dan bisa membuatnya kurang nyaman.

  1. Sangkar berukuran besar

Melihat kacamata dengan ukuran tubuh yang kecil nan mungil, bukan berarti cukup dengan sangkar yang kecil. Bahkan, pleci mania sangat dianjurkan memilih sangkar yang ukurannya agak besar. Hal tersebut bertujuan agar ruang geraknya lebih luas karena pleci termasuk salah satu burung yang sangat aktif dan lincah. Dengan demikian, perilakunya dapat diamati dan dinikmati dengan leluasa. Idealnya, sangkar segi empat yang dipilih minimal berukuran 30 cm x 30 cm dengan tinggi 40—45 cm.

  1. Teliti dan tingkatkan kualitasnya sebelum digunakan
Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang

Untuk memelihara si kacamata di dalam sangkar, sebaiknya teliti dahulu Kondisi sangkar, seperti jeruji tidak terlalu jarang/longgar. Hal itu sangat penting untuk mengantisipasi agar burung tidak terlepas dari sangkar. Selain itu, sangkar perlu ditingkatkan kualitasnya menjadi lebih kuat dan tahan lama. Meningkatkan kualitas sangkar bisa dengan memberikan perekat berupa lem pada bagian yang agak goyang.

  1. Sangkar warna gelap bisa lebih menonjolkan daya tariknya

Anjuran lain yang tidak kalah baiknya adalah mengecat sangkar karena akan membuat sangkar lebih kuat dan lebih menarik, apalagi jika ditambah dengan baluran vernis. Pemilihan warna untuk sangkar pleci sebaiknya warna gelap. Hal itu bertujuan untuk menonjolkan warna bulunya sehingga pleci menjadi lebih menarik untuk dilihat.

Sumber: Buku Burung Pleci

loading...
loading...