Sangkar yang Cocok untuk Burung Pleci

PertaniankuSangkar burung pleci dapat menunjang performa burung. Oleh karena itu, pemilihan sarang tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain menunjang performa, sangkar juga harus nyaman sehingga pleci bisa merasa aman tinggal berada di dalamnya.

sangkar burung pleci
Foto: Pixabay

Burung akan menganggap sangkarnya sebagai tempat tinggal. Oleh karena itu, sangkar yang digunakan harus memenuhi keinginan burung, bukan keinginan pemeliharanya. Sangkar yang akan digunakan sebaiknya diamati terlebih dahulu, apakah sesuai dengan burung atau tidak. Berikut ini beberapa pedoman saat Anda ingin membeli sangkar burung pleci yang cocok.

Berbentuk segi empat

Bentuk sangkar segi empat sudah menjadi kewajiban karena bentuk persegi dapat memberikan kenyamanan bagi burung pleci. Sangkar berbentuk segi empat memiliki garis batas yang mengitari burung secara vertikal dan horizontal.

Lain halnya dengan sangkar yang berbentuk bulat, ke mana pun burung berputar dan memandang, yang dilihatnya hanya batas ruang melingkar dan tidak ada garis batas. Kondisi tersebut bisa membuatnya kurang nyaman.

Berukuran besar

Burung pleci memang berukuran kecil, tetapi burung tetap membutuhkan sangkar berukuran agak besar. Hal tersebut bertujuan menciptakan ruang gerak yang lebih luas bagi burung mungil berkacamata ini sehingga burung pleci dapat aktif dan lincah. Jadi, perilakunya dapat diamati dan dinikmati dengan leluasa.

Idealnya, sangkar segi empat yang dipilih minimal berukuran 30 cm × 30 cm dengan tinggi 40—45 cm.

Tingkatkan kualitas sangkar yang akan digunakan

Sangkar sebaiknya diteliti dahulu sebelum digunakan. Mulai dari jeruji yang tidak terlalu jarang untuk mencegah burung kabur dari sangkar.

Selain itu, sangkar perlu ditingkatkan kualitasnya menjadi lebih kuat dan tahan lama. Meningkatkan kualitas sangkar bisa dengan memberikan perekat berupa lem pada bagian yang agak goyang.

Baca Juga:  Kenali Tanda-tanda Burung Anis Merah Stres dan Cara Menanganinya

Berwarna gelap

Sangkar yang berwarna gelap dan ditambah dengan baluran vernis dapat membuat penampilan burung pleci menjadi lebih menonjol. Hal ini karena warna burung pleci yang cukup cerah sehingga terlihat sangat cerah dan menarik untuk dilihat.