Sanitasi Kandang Itik yang Baik Menjadi Salah Satu Kunci Keberhasilan Usaha

Pertanianku — Ada banyak kunci keberhasilan usaha ternak itik, mulai dari anak itik yang berkualitas hingga cara pemasaran itik yang sudah dipanen. Sanitasi kandang itik menjadi salah satu kunci keberhasilan yang masih sering dilupakan oleh peternak sehingga lingkungan di dalam kandang kotor dan itik menjadi lebih mudah sakit dan mati. Jika usaha ingin berhasil, Anda perlu menjaga sanitasi kandang itik dengan baik, simak tipsnya di bawah ini.

sanitasi kandang itik
foto: Pertanianku

Kandang harus tetap kering jangan sampai lembap

Kandang itik harus diusahakan untuk tetap kering dan tidak lembap. Kondisi tersebut bisa diupayakan dengan memberikan sekam sebagai alas kandang. Ketebalan sekam yang dapat digunakan sekitar 5 cm. Sekam tersebut harus rutin diganti selama beberapa periode untuk menghindari terjadinya penumpukan sekam basah akibat kotoran dan minuman yang tercecer.

Bersihkan kotoran secara rutin

Kotoran di dalam kandang harus dibersihkan secara rutin agar tidak menumpuk di dalam kandang sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Bau tersebut merupakan amonia yang dihasilkan dari kotoran. Amonia sangat berbahaya bagi itik karena bisa menyebabkan kesehatan itik mudah terganggu.

Amonia juga bisa mengundang kehadiran lalat atau serangga lainnya yang berbahaya bagi itik. Serangga tersebut bisa menjadi perantara bagi penyakit menular seperti fowl cholera.

Jaga kualitas pakan

Pakan yang diberikan harus dalam keadaan sehat dan bagus. Pakan yang kotor, bergumpal, basi, dan berjamur bisa menyebabkan itik keracunan toksin dari jamur atau bakteri. Bahan pakan seperti jagung dan dedak harus dijaga tetap dalam keadaan kering.

Pembersihan kandang

Peternak harus rajin membersihkan seluruh bagian kandang, mulai dari peralatan hingga lingkungan yang berada di sekitar kandang. Wadah tempat pakan dan minum harus rutin dibersihkan setiap kali habis dipakai.

Baca Juga:  Proses Pembuatan Pupuk Organik Kotoran Sapi

Sediakan disinfektan

Sediakan wadah yang berisi disinfektan, lalu letakkan di depan peternakan agar bisa digunakan untuk merendam alas kaki pekerja yang akan memasuki kawasan peternakan.

Jaga kondisi kandang agar tidak ada hewan liar yang masuk

Kondisi kandang harus selalu dijaga dari hewan pengerat, unggas liar, atau hama serangga yang bisa masuk ke kandang dan menjadi media penularan terhadap ternak itik.


loading...