Santan Bukan Penyebab Kolesterol Meningkat Saat Lebaran

Pertanianku — Kadar kolesterol sering kali meningkat saat Lebaran atau hari raya, di mana biasanya tersaji banyak makanan mulai dari yang manis hingga makanan khas daerah berkuah santan. Banyak orang menganggap santan menjadi biang kerok kadar kolesterol meningkat. Faktanya, santan bukan menjadi penyebab kadar kolesterol meningkat. Justru kolesterol meningkat karena makanan kaya gula dan karbohidrat olahan seperti tepung.

santan
foto: Freepik

Pada hari raya biasanya Anda mudah menjumpai makanan manis yang menyebabkan asupan gula meningkat dan berisiko memicu peningkatan drastis gula darah. Saat gula darah melonjak, pankreas memproduksi hormon insulin untuk mengubah gula darah menjadi trigliserida. Namun, semakin banyak pankreas memproduksi insulin, akan semakin banyak pula kolesterol terbentuk. Itu sebabnya kadar kolesterol melonjak saat Anda terlalu banyak makan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kadar kolesterol yang meningkat pasca-Lebaran.

Virgin coconut oil (VCO)

VCO dapat mengontrol gula darah dan lemak, antara lain kolesterol dan trigliseria di dalam darah. VCO mengandung kolesterol tidak jenuh atau HDL tinggi sehingga tidak mudah menempel pada pembuluh darah atau terdeposit pada jaringan lemak dan otot. VCO dapat mengikat lemak jenuh atau LDL yang berlebih di dalam darah.

Untuk menurunkan kolesterol, sebaiknya VCO dikonsumsi sebanyak satu sendok teh sehari menjelang tidur. Atau, Anda dapat mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman siap saji sebanyak 1/3 sendok makan.

Teh

Cara lain untuk menurunkan kolesterol adalah mengonsumsi teh secara rutin. Kandungan antioksidan dan katekin di dalam teh mampu memecah lemak dan mengurangi kadar kolesterol, khususnya pada teh hijau.

Apabila Anda menggunakan teh hitam, sebaiknya konsumsi teh pada pagi hari sebagai teman sarapan. Teh dapat menambah energi dan semangat untuk menjalani hari. Teh juga bisa dikonsumsi bersama kue hari raya. Sementara itu, teh hijau sebaiknya disarankan diminum ketika dan sebelum mengonsumsi makanan berkuah dan rebusan yang berlemak untuk melindungi tubuh dari kolesterol.

Baca Juga:  Khasiat Tanaman Gandapura sebagai Tanaman Obat

Anda juga dapat mengonsumsi teh putih yang mengandung antioksidan dan memberikan efek relaksasi. Teh putih sebaiknya diminum menjelang malam atau 2 jam sebelum tidur.