Santan Tidak Mengandung Kolesterol, Begini Kata Dokter


Pertanianku — Banyak orang beranggapan bahwa seseorang yang memiliki penyakit kolesterol dilarang makan makanan yang mengandung santan. Padahal, ahli gizi justru mengungkapkan itu hanyalah mitos, santan tidak mengandung kolesterol.

santan tidak mengandung kolesterol
Foto: Shutterstock

Sebelumnya, pernah dibahas mengenai fakta buah durian yang ternyata tidak mengandung kolesterol. Spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Diana Suganda, Sp.GK mengungkapkan, buah-buahan tidak mengandung kolesterol.

Berdasarkan pernyataan tersebut, artinya kelapa yang tergolong buah juga tidak mengandung kolesterol. Lantas, kenapa bisa santan yang berbahan dasar buah kelapa disebut-sebut mengandung kolesterol?

Dikutip dari Kompas, ternyata itu juga mitos. Diana menegaskan bahwa santan tidak mengandung kolesterol.

Dalam 100 gram santan terdapat 230 kalori, 2,29 gram protein, 5,54 gram karbohidrat, 15 miligram sodium, 263 miligram kalium, 21,14 gram lemak jenuh, 0,261 gram lemak tak jenuh ganda, 1,014 gram lemak tak jenuh tunggal, dan 0 miligram kolesterol.

Diana juga menuturkan, kesalahpahaman itu mungkin berasal dari tingginya kandungan lemak jenuh di dalam santan yang mencapai 21 persen.

“Santan tidak mengandung kolesterol, tapi santan mengandung lemak jenuh (saturated fat) yang tinggi, yaitu sebanyak 21 gram per 100 gram santan. Mungkin orang sering salah kaprah menganggap lemak tadi sebagai kolesterol, padahal itu merupakan hal yang berbeda,” jelas dia.

Ia juga memaparkan, selain kadar lemak jenuh yang tinggi, kandungan kalori yang mencapai 230 kalori per 100 gram juga membuat santan harus dikonsumsi secara hati-hati. Sebab, kata Diana, konsumsi santan yang berlebihan dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko obesitas.

Namun demikian, santan tidak melulu jelek untuk kesehatan. Menurut spesialis gizi itu, santan juga mengandung asam laurat (lauric acid) yang merupakan asam lemak rantai sedang. Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai sumber energi, asam lemak dalam santan ini sebenarnya masih diperlukan tubuh walaupun dalam jumlah sedikit.

Baca Juga:  Prospek Cerah Bisnis Minyak Cengkih

Diana merekomendasikan takaran saji konsumsi santan, yaitu hanya seperempat hingga setengah cangkir. Sebagai substitusi, Anda juga bisa menggunakan susu segar atau susu UHT dalam memasak.

loading...
loading...