Sapera, Kambing Perah Asal Indonesia yang Cepat Berkembang Biak

Pertanianku — Kambing merupakan hewan ternak lainnya yang berpotensi menghasilkan susu bernutrisi tinggi, bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya. Indonesia memiliki beberapa jenis kambing perah andalan yang sudah diternakkan di beberapa daerah. Salah satu kambing perah andalan Indonesia adalah sapera. Kambing sapera merupakan hasil persilangan antara kambing saanen dan kambing PE (peranakan etawa).

kambing sapera
foto: pertanianku

Kambing sapera merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Balai Penelitian Ternak (Balitnak). Kambing ini bisa dipelihara di dataran rendah hingga dataran tinggi. Produksi susu kambing dalam sehari bisa mencapai 1,5—2 liter.

Kambing sapera memiliki ciri fisik yang sangat khas, yakni berwarna putih atau krem polos. Bagian mukanya terlihat datar, telinga sedang, dan bertanduk kecil. Tinggi badannya mencapai lebih dari 70 cm dan tidak terlihat seperti badan kambing perah.

Loading...

Dilansir dari litbang.pertanian.go.id,kandungan nutrisi di dalam susu yang dihasilkan oleh sapera adalah protein sebanyak 3,6 persen, lemak kambing 4,2 persen, karbohidrat 4,5 persen, kolesterol kambing 17 mg, kalori kambing 69 kkal, vitamin A kambing 185 mg, vitamin C kambing 1,29 mg, pospor kambing 111 mg, kalsium kambing 134 mg, dan magnesium kambing 16 mg.

Selain itu, susu kambing juga mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, dan asam amino yang cukup tinggi. Susu ini juga aman untuk dikonsumsi oleh anak balita.

Susu kambing ini sangat mudah dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan. Hal ini karena butiran lemak susu yang lebih kecil dan homogen. Susu kambing cocok dikonsumsi bagi orang yang mengidap alergi susu sapi.

Keunggulan lainnya yang bisa dimiliki oleh kambing sapera adalah mampu berkembang biak dengan cepat. Kambing ini mampu beranak sebanyak 3 kali dalam 2 tahun, dengan periode mengandung selama 8 bulan. Sekali beranak, kambing bisa melahirkan lebih dari 1 ekor anak. Anak jantan kambing bisa dijadikan pejantan atau diternak menjadi kambing potong.

Baca Juga:  Aplikasi Laut Nusantara Memudahkan Nelayan Saat Melaut

Peternak bisa memulai usaha ternak kambing sapera dengan modal yang relatif kecil dan bisa mendapatkan pendapatan setiap harinya dari produksi susu kambing.

Pakan yang dibutuhkan oleh kambing perah ini adalah hijauan yang berkualitas seperti rumput, leguminosa, konsentrat, ampas tahu, dan mineral.

 

 

Loading...
Loading...