Sapi A2, Jenis Baru yang Menghasilkan Susu Lebih Sehat


Pertanianku — Belakangan ini, ditemukan jenis sapi baru yang diyakini menghasilkan susu yang lebih sehat dibandingkan jenis sapi pada umumnya. Sapi ini dinamakan sapi A2. Lantas, apa yang membedakan susu dari sapi A2 dengan susu dari sapi biasa lainnya?

Sapi A2
Foto: Google Image by Adriana Dian

Sama halnya dengan susu pada umumnya, susu A2 merupakan jenis susu yang dihasilkan dari sapi perah. Hanya saja, kandungan protein utama beta-kasein A1 dan A2. Umumnya, susu sapi biasa mengandung dua tipe protein utama tersebut. Sementara, susu dari sapi A2 ini hanya mengandung beta-kasein A2.

Untuk mendapatkan susu dari sapi A2 yang berkualitas diperlukan serangkaian penyeleksian sapi dengan menggunakan tes DNA. Hal ini bertujuan agar sapi yang akan diperah dapat menghasilkan protein A2 murni.

Secara umum, susu sapi mengandung protein kasein sekitar 80 persen dari keseluruhan protein yang ada. Salah satu jenis protein kasein yang terdapat di susu sapi adalah beta-kasein.

Beta-kasein sendiri mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Beta-kasein inilah yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan massa otot, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempercepat perkembangan sistem pencernaan pada bayi. Beta-kasein dapat dibagi menjadi dua bentuk berikut.

Beta-kasein A1

Beta-kasein A1 merupakan salah satu jenis protein utama dalam susu sapi, yang sering dikaitkan dengan munculnya gejala gangguan pencernaan terkait susu sapi seperti alergi susu sapi, intoleransi laktosa, sakit perut, perut bergas, eneg/mual, kembung, serta diare.

Beta-kasein A2

Beta-kasein A2 adalah jenis protein pada susu sapi yang diyakini tidak menyebabkan gangguan pencernaan, terlebih bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Tak hanya itu, susu dari sapi A2 yang hanya mengandung protein jenis ini juga lebih mudah diserap oleh tubuh karena hanya mengandung protein A2. Hal inilah yang membuat masyarakat kini mulai beralih mengonsumsi susu dari sapi A2.

Baca Juga:  Sapi Raksasa Australia Viral, Tingginya Hampir 2 Meter