Sapi Kurban Seberat 900 Kilogram Dijual Rp55 Juta!


Pertanianku – Perayaan Idul Adha biasanya dirayakan dengan berkurban sapi, kambing, ataupun domba. Meskipun masih sekitar dua minggu lagi, pedagang hewan kurban musiman sudah kebanjiran pembeli. Hal ini karena masyarakat yang membeli hewan kurban memang membelinya sejak jauh hari. Pasalnya, harga hewan kurban akan naik berkali-kali lipat ketika mendekati hari raya.

Sugiharto salah satunya, pria asal Magelang, Jawa Tengah ini, sudah membuka lapak berupa tenda sederhana dari terpal dan bambu untuk menampung sapi-sapinya.

Hingga saat ini, Sugiharto mengungkapkan sudah 70% dari 200 ekor sapi yang dibawanya dari kandang di Kabupaten Bogor yang sudah terjual. Sapi kurban yang dijualnya mulai Rp16 juta dengan bobot 270 kg, sampai berat jumbo 900 kg dengan banderol Rp55 juta.

“Alhamdulillah sudah sekitar 70% dari 200 ekor sapi yang sudah dibeli, sudah laku. Tinggal diambil pas hari Lebaran saja, mereka bisa titipkan di sini, harga sudah termasuk pakan rumput sampai hari H,” kata Sugiharto belum lama ini seperti mengutip detikFinance (16/8).

“Sekarang sapi semua, kambing menyusul. Karena pertimbangannya merawat kambing itu susah, risiko besar, karena kambing itu adaptasi di tempat baru agak susah, kalau sapi kan mudah. Jadi, kambing baru datang nanti,” jelas Sugiharto.

Pedagang hewan kurban lainnya, Muhammad Ichsan asal Pamekasan Madura, mengatakan dirinya mengaku sudah membuka sepetak lahan yang berada di tepi Banjir Kanal Timur di Pondok Kopi, Jakarta Timur, sejak sepekan terakhir.

“Sudah awal Agustus buka di sini, tahun lalu juga di sini. Saya bawa dari Madura langsung itu 50 ekor. Paling murah bobot 250 kg harganya Rp15,5 juta. Kemudian paling mahal ada yang Rp30 juta yang bobotnya 750 kg. Pokoknya sudah banyak beli, hampir pasti pas Idul Adha sudah habis,” tutur Ichsan.

Baca Juga:  Kadek Arimbawa: Ada Kebijakan Ketahanan Pangan yang Belum Terwujud
loading...
loading...