Sarana dan Prasarana Kandang Domba yang Harus Ada

Pertanianku — Sarana dan prasarana bisa menjadi penunjang kesuksesan ternak domba. Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, kegiatan peternakan bisa berjalan lebih lancar. Sarana dan prasarana yang lengkap dalam kandang domba juga mengefisiensikan waktu serta bahan baku yang digunakan. Berikut ini beberapa sarana serta prasarana yang harus ada di dalam kandang domba.

kandang domba
foto: pixabay

Tempat pakan

Tempat pakan harus disediakan di dalam kandang domba agar pakan yang diberikan tidak berceceran dan tercampur dengan kotoran ternak yang ada di dalam kandang. Hal ini sangat berguna untuk mencegah domba terserang dari penyakit.

Tempat pakan harus dibuat sedemikian rupa agar mudah dijangkau oleh domba sehingga domba bisa makan dengan nyaman. Penempatan tempat pakan yang sesuai bisa memudahkan Anda pada saat proses pemberian pakan dan pembersihan. Sisa pakan yang tertinggal di dalam tempat pakan bisa menjadi sumber penyakit untuk domba. Oleh karena itu, tempat pakan juga harus dibersihkan secara rutin.

Tempat pakan untuk pakan hijauan biasanya terbuat dari kayu atau bambu palungan yang terletak di luar kandang. Sementara itu, tempat pakan yang digunakan untuk menaruh konsentrat bisa menggunakan ember yang diletakkan di dalam kandang. Sebenarnya, tempat pakan hijauan dan konsentrat bisa digabung secara bersamaan agar domba dapat mengambil kedua jenis pakan tersebut.

Tempat minum

Tempat minum yang biasa digunakan untuk domba adalah ember plastik atau talang yang dipasang membujur. Jika tempat minum menggunakan ember, peternak harus mengisi air minum secara manual. Jika tempat minum terbuat dari talang, peternak bisa melakukan pengisian air minum melalui air keran yang dialirkan dengan selang. Hal ini tentu saja lebih memudahkan peternak dalam proses perawatan.

Baca Juga:  Beternak Itik dengan Cara Tradisional, Untung atau Rugi?

Air minum harus selalu tersedia di tempat minum agar domba tidak mengalami dehidrasi dan bisa minum kapan saja.

Peralatan

Ada beberapa peralatan pendukung yang harus disediakan di dalam kandang, seperti peralatan sanitasi kandang, timbangan ternak, dan timbangan kandang. Sanitasi kandang bisa berupa sapu lidi, serokan, dan drum.

Meskipun tidak rutin digunakan, peralatan tersebut sangat membantu kelancaran proses peternakan domba.

 

 

 


loading...