Sarana dan Prasarana Produksi yang Harus Dimiliki Pabrik Pupuk Organik

Pertanianku — Pupuk organik telah menjadi salah satu kebutuhan yang perlu disediakan saat ingin bertanam. Permintaan pupuk organik pasti akan selalu ada. Permintaan tersebut dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bila dijalankan dengan serius. Apabila Anda ingin menjalankannya dalam skala yang besar seperti pabrik, Anda perlu menyediakan beberapa sarana dan prasarana produksi.

 pupuk organik
foto: pixabay

Dalam penyelenggaraan pabrik pupuk organik, sarana produksi yang dibutuhkan adalah alat-alat (mesin) produksi. Sementara itu, prasarana yang dibutuhkan adalah lahan lokasi rumah produksi. Pada lahan produksi akan dibangun gudang bahan baku, gudang bahan jadi, perkantoran, lahan inti budidaya bahan baku seluas 3.000 m2.

Alat-alat produksi yang dibutuhkan sebagai berikut.

Mesin pencacah

Mesin pencacah berfungsi memotong-motong bahan baku menjadi ukuran yang lebih kecil. Biasanya, bahan baku organik berukuran cukup besar. Agar proses pemupukan berlangsung lebih cepat dan merata, bahan-bahan tersebut perlu dicacah terlebih dahulu.

Alat penyaring

Setelah bahan organik dicacah, bahan-bahan tersebut perlu disaring dengan alat penyaringan. Fungsinya, agar hasil cacahan memiliki ukuran seragam. Dengan begitu, proses pemupukan berlangsung lebih baik dan produk pupuk yang dihasilkan akan memiliki bentuk yang lebih bagus.

Mesin giling/penghalus

Mesin giling berfungsi menghaluskan bahan yang telah digiling untuk ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah dibentuk menjadi granule.

Mesin konveyor

Mesin konveyor berfungsi memindahkan bahan dari satu tempat/alat ke alat lain secara kontinu dan otomatis. Dengan begitu, produksi dapat berjalan lancar dan Anda tidak perlu memindahkan bahan secara manual.

Alat pencampur

Alat pencampur berguna untuk mencampur bahan yang sudah dihaluskan dengan bahan-bahan lain yang diperlukan sebelum bahan dibuat menjadi granule/butiran.

Alat granulasi

Alat granulasi berfungsi membentuk bahan pupuk yang berbentuk tepung menjadi granule.

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Membuat Pisang Awet Selama 23 Hari

Alat pemilah

Alat ini berfungsi memilah pupuk dalam bentuk granule. Pupuk organik dipilah sesuai dengan ukuran.

Alat pengering

Alat pengering berfungsi mengeringkan pupuk yang sudah dibuat menjadi granule. Alat ini digunakan sebelum pupuk dikemas.