Sarana Penunjang Budidaya Bandeng


Pertanianku – Jika lokasi dan wadah sudah ditentukan dan dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan sarana yang akan mendukung kegiatan budidaya bandeng yang selanjutnya akan disebut sebagai sarana produksi perikanan (saprokan). Saprokan tersebut terdiri atas beberapa sarana yang berbeda, seperti jaring, selang atau pipa paralon, jaring hapa, obat-obatan, pompa, serta timbangan. Semua sarana tersebut memiliki kegunaan masing-masing, yaitu sebagai berikut.

Mengenal-Bandeng-Lebih-Dekat (1)

  1. Jaring digunakan untuk menangkap bandeng di tambak. Sementara itu, selang atau pipa berfungsi untuk mengalirkan air atau sipon.
  2. Jaring hapa digunakan untuk memisahkan bandeng yang sakit atau berbeda ukuran.
  3. Obat-obatan berfungsi sebagai pencegah atau perawatan bandeng yang sakit.
  4. Timbangan biasanya untuk mengukur bobot saat panen.
  5. Pompa digunakan untuk menyuplai air dari sumber air atau menguras air tambak.
  6. Bangunan atau saung berfungsi sebagai tempat istirahat dan tempat menyimpan saprokan.

Keberadaan sarana harus diperhatikan, terutama saat menyimpannya supaya tidak menyulitkan ketika akan digunakan. Selain itu, kebersihan dari saprokan juga harus dijaga supaya penyebab penyakit dapat dihindari. Tentu saja pemilik tidak ingin usaha budi daya bandeng miliknya gagal karena sarana yang digunakan kotor. Kondisi kotor ini bisa mendatangkan bibit-bibit penyakit. Penyakit tersebut akan masuk ke dalam perairan dan menyebabkan bandeng menjadi sakit, bahkan mengalami kematian.

Sumber: Buku Panen Bandeng 50 Hari

Baca Juga:  Mudah Buat Perangkap Belut Sawah dengan Cara Ini