Satu Pohon Menghasilkan Aneka Jenis Buah, Bagaimana Bisa?


Pertanianku – Pernahkah Anda terpikir atau melihat secara langsung satu pohon dapat berbuah dengan aneka jenis buah? Hal tersebut benar-benar direalisasikan oleh profesor seni asal New York, Sam Van Aken.

Sejak beberapa tahun terakhir, ia berhasil mencangkok 40 jenis buah yang berbeda dalam satu pohon, bahkan hasilnya sangat menakjubkan.

Bagaimana tidak, hampir sepanjang tahun, pohon ‘ciptaan’ Sam terlihat seperti layaknya pohon buah normal. Namun, ketika musim semi datang, dahannya yang berbunga menampilkan beragam warna bunga yang menarik.

Ada yang menyebut pohon ini sebagai pohon super tetapi ada juga yang menjuluki sebagai ‘Fruit salad tree’.

Pohon tersebut bahkan dapat menghasilkan sejumlah buah seperti peach, plum, aprikot, nectarine dan cherry. Dengan pohon ini, Sam Van Aken ingin membuat orang memikirkan kembali bagaimana makanan diproduksi.

Proyek tersebut ia mulai sejak 2008, ketika dia menemukan sebatang pohon berumur 200 tahun yang tidak diurus di sebuah kebun di New York. Akhirnya, ia membelinya dan mulai bereksperimen dengan teknik “okulasi bilah batang”.

Hal ini bermula karena ia sangat suka berkebun. Awalnya, ia mencoba untuk mencangkok berbagai jenis tomat, dan ternyata berhasil, pohon tomat tersebut mampu menghasilkan buah yang berwarna kuning dan merah.

Setelah percobaan pertamanya berhasil Sam kembali mencoba mencangkok mentimun, semangka, serta anggrek. Sementara, teknik okulasi yang dilakukan pada tanaman buah menggunakan tunas yang ditempelkan pada batang pohon utama agar tercipta tanaman baru.

Selanjutnya, Sam mencoba mencangkok dengan sebuah pohon plum dan setelah itu dia menambahkan buah persik, aprikot dan ceri.

“Saya punya beberapa pohon yang memiliki lebih dari 40 cangkokan saat ini. Keempat puluh cangkokan itu telah menjadi cabang pohon,” jelasnya.

Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan

Proses okulasi dilakukan dengan mengiris batang pohon termasuk pucuknya dan memasukkan ke potongan batang pohon. Potongan itu dibiarkan berproses menyatu selama musim dingin.

Sam memilih jenis buah berbiji karena dinilai paling mudah diokulasi.

Ia memiliki ide membuat pohon dengan 40 buah. Sebenarnya bukan dalam satu pohon, melainkan beberapa pohon. Sejauh ini, ia sudah membuat 16 pohon yang diletakkan di museum, di galeri seni pribadinya, yang berada di Amerika.

loading...
loading...